Sabtu, 27 Mei 2017

DPRD Langkat paripurnakan 11 Ranperda

Selasa, 16 Mei 2017 20:05

Foto: M Salim Foto: M Salim
Ayo berbagi!

DPRD Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menggelar sidang paripurna dengan agenda pembahasan mengenai 11 Ranperda  yang berasal dari lima usulan Pemerintah Kabupaten Langkat dan enam usulan inisiatif DPRD Langkat.

Kontributor Elshinta, M Salim melaporkan, sidang berlangsung dua hari, dimulai Senin (15/5) kemarin dan selesai Selasa (16/5) yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Langkat Sapta Bangun didampingi oleh Dony Setha yang juga Wakil Ketua DPRD Langkat.

Sidang berlangsung kondusif dimana Bupati Langkat yang diwakili oleh Wabup Sulistianto dan seluruh fraksi di DPRD Langkat saling memberikan pandangannya masing-masing atas Ranperda yang diusulkan.

Pada sidang perdana yang dimulai Senin (15/5), Bupati Langkat Ngogesa Sitepu dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Wabup Sulistianto mengatakan, seluruh Ranperda yang disampaikan DPRD Langkat sangatlah baik, tetapi masih ada yang perlu dicermati, diantaranya adalah mengenai pengelolaan barang milik daerah Kabupaten Langkat.

“Pengaturan mengenai asset ini, cukup hanya merevisi Peraturan Daerah Nomor 28 tahun 2017, hanya pasal-pasal tertentu saja yang perlu diubah penyesuainnya dengan ketentuan peraturan pemerintah terbaru,” ujarnya.

Sementara itu, mengenai enam Ranperda inisiatif dari DPRD Langkat yang lainnya, bupati sangat mengapreasi akan hal tersebut. 

"Dengan adanya Ranperda inisiatif, payung hukum akan semakin kuat dan pelaksanaan program akan semakin berjalan efektif dan tepat sasaran,” harapnya

Ditempat yang sama, seluruh fraksi di DPRD Langkat sangat menyambut baik akan adanya lima Ranperda Usulan Pemkab Langkat yang disampaikan dari Pemerintah Kabupaten Langkat.

“Seluruhnya sudah dipelajari dengan baik dan akan dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Langkat,” kata anggota DPRD Sarno. 

Sebagaimana diketahui bahwa 11 Ranperda yang dibahas untuk dijadikan perda tersebut berasal dari Pemerintah Kabupaten Langkat lima Ranperda yakni, Ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah No. 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah no. 3 tahun 2011 tentang Rumah Potong Hewan, Ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah no. 5 tahun 2011 tentang Izin Gangguan, Ranperda tentang perubahan atas peraturan daerah no. 1 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum dan ranperda tentang pencabutan atas peraturan daerah no.6 tahun 2009 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata kerja pelaksana Harian Badan Narkotika Kabupaten Langkat.

Sedangkan enam Ranperda Inisiatif DPRD Langkat yakni mengenai tata batas wilayah administrasi Kabupaten Langkat, Peredaran dan pengawasan obat dan obat tradisdional, Pengelolaan barang milik daerah Kabupaten Langkat, Pemasangan lampu jalan, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, dan Pengaturan peredaran minuman beralkohol.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor : Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar