Senin, 24 Juli 2017

Wah, ratusan ton bawang putih ilegal ditimbun di Marunda

Rabu, 17 Mei 2017 10:18

Foto: NTMC Polri Foto: NTMC Polri
Ayo berbagi!

Bareskrim Polri berhasil mengungkap penimbunan bawang putih impor di sebuah gudang di wilayah Marunda, Jakarta Utara. Saat dilakukan penggerebekan, kepolisian menemukan lebih dari 182 ton bawang putih yang ditimbun di gudang tersebut.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Agung Setya dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, kepemilikan gudang tersebut diketahui milik dari PT TPI, sementara bawang putih diimpor oleh dua perusahaan yaitu PT NBM dan PT LBU sejak April 2017.

Berdasarkan penyelidikan sementara, bawang putih tersebut diselundupkan dari Tiongkok dan India dikarenakan ketidaklengkapan dokumen importasi bumbu dapur tersebut.

Informasi dihimpun NTMC Polri, Rabu (17/5), dari tempat kejadian perkara (TKP) aparat mengamankan tiga orang, yaitu pemilik gudang, pemilik bawang putih, dan sopir truk. Ketiganya telah diamankan petugas. Polisi kemudian membentangkan garis polisi di depan pintu gudang dan area bawang tersebut ditimbun.

“Dugaan penyidik bahwa spekulan nakal, si pemilik bawang putih selundupan tersebut, sengaja menimbun kemudian akan dijual seolah-olah barang yang legal pada saat harga naik,” kata Agung.

Penyidik menduga kuat terdapat pelanggaran Pasal 106 juncto 24 ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Pasal 31 UU Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, dalam kasus ini. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar