Minggu, 28 Mei 2017

Jelang puasa, harga sayur merangkak naik

Kamis, 18 Mei 2017 12:56

Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi
Ayo berbagi!

Menjelang puasa harga komoditas sayuran di pasar tradisional di Purwakarta, Jawa Barat telah mengalami kenaikan harga menyusul para pemasok sayuran telah menaikan harga.

Pantauan Kontributor Elshinta, Tita Sopandy, Kamis (18/5) disejumlah pasar tradisional diantaranya Pasar Rebo Purwakarta, dimana untuk cabe rawit merah saat ini dikisaran harga Rp60.000/kg dari awal Rp45.000/kg, Cabe hijau dari Rp 20.000/kg menjadi Rp24.000/kg, kentang dari Rp13.000/kg menjadi Rp15.000-17.000/kg. Bawang putih masih tetap diharga Rp52.000/kg dan wortel dari Rp10.000/kg menjadi Rp12.000/kg.

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Rebo, Barli menuturkan, kenaikan harga sayuran ini berlangsung tiga  hari lalu dikarenakan menjelang bulan Ramadan, para pemasok sayuran yang didatangkan dari Bandung Jawa Barat, telah menaikan harganya.

Sebelumnya komoditas bawang daun dipasar ini menurut barli sempat tidak ada namun saat ini sudah ada dan harganya mencapai Rp24.000/kg serta bawang merah Rp32.000/kg.

Menurut Barli, menjelang Ramadan yang tinggal satu pekan ini pembeli belum mengalami peningkatan dan para pedagang sayuran masih tetap mengandalkan pembeli dari langganan tetap, terutama mereka yang menjual makanan atau rumah makan serta warung nasi dan warung sayuran di komplek perumahan warga.

Meski mendekati puasa, kata Barli para pedagang sayuran di Pasar Rebo, tidak menyimpan stok komoditas sayuran yang berlebihan karena selain pembeli belum meningkat juga dikhawatirkan busuk.

Sementara untuk harga yang mengalami kenaikan harga  di Pasar Rebo, selain terjadi pada sayuran juga terjadi pada minyak sayur kemasan dan kacang tanah, gula merah serta emping melinjo yang harganya mencapai Rp60.000/kg dari harga semula Rp45.000/kg.

Ditambahkan Barli, komoditas sayuran dan sembako diperkirakan akan mengalami kenaikan harga kembali mendekati puasa karena permintaan konsumen akan meningkat.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar