Sabtu, 22 Juli 2017

T.rex bisa menggigit dengan kekuatan setara tiga mobil

Kamis, 18 Mei 2017 16:20

Kerangka Tyrannosaurus rex di American Museum of Natural History. (Wikimedia Commons/J.M.Luijt) Kerangka Tyrannosaurus rex di American Museum of Natural History. (Wikimedia Commons/J.M.Luijt)
Ayo berbagi!

Para ilmuwan membuat ketakjuban padaTyrannosaurus rex bertambah dengan mengungkapkan bahwa dinosaurus karnivora besar itu kekuatan gigitannya setara dengan tiga mobil kecil.

Para peneliti pada Rabu (17/5) menyatakan model komputer berbasis anatomi tulang rahang T. rex dan analisis anatomi bagian serupa dari kerabat seperti buaya dan burung menunjukkan kekuatan gigitannya terukur sekitar 8.000 pound (3.630 kilogram), paling kuat dibanding estimasi kekuatan gigitan dinosaurus mana pun.

"T. rex bisa mengunyah hampir apa pun yang dia inginkan, sepanjang itu meliputi tulang dan daging," kata ahli paleobiologi dari Florida State University, Gregory Erickson.

Dalam mengukur kekuatan kunyah T.rex, mereka juga memperhitungkan bagaimana binatang itu mengirimkan kekuatan gigitannya melalui gigi-gigi berbentuk kerucut 18 centimeter, dan mendapati binatang itu membangkitkan tekanan gigi 30.300 kilogram per centimeter persegi dalam pengukuran kekuatan lain pada area kontak gigi.

Tanda gigitan pada fosil-fosil tulang dinosaurus seperti Triceratops bertanduk yang hidup bersama Tyrannosaurus sekitar 66 juta tahun lalu di bagian barat Amerika Utara mengindikasikan bahwa T. rex adalah pengunyah tulang. 

Kemampuan melumat dan memakan tulang memberi T. rex, yang panjangnya sekitar 13 meter dan bobotnya sekitar tujuh ton, keuntungan dalam bersaing dengan predator lain yang tidak bisa melakukannya.

"Para predator dengan kemampuan mengunyah tulang bisa memanfaatkan sumber-sumber dengan risiko tinggi dan penghargaan besar: mineral penyusun tulang dan sumsum tulang berlemak yang terkandung di dalamnya," kata ahli paleontologi Paul Gignac dari Oklahoma State University Center for Health Sciences, penulis utama hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports itu.

"Risikonya adalah potensi untuk menambah kerusakan gigi ekstrem karena menggigit tulang, membuatnya sulit atau tidak mungkin menangkap mangsa efektif atau memecahkan tulang panjang karkas."

Studi-studi sebelumnya memperkirakan kekuatan gigitan Tyrannosaurus, namun dalam studi yang baru para peneliti menyebut pendekatan mereka lebih canggih.

Pemodelan komputer mereka dikembangkan dan diuji pada buaya, dengan para peneliti mempelajari bagaimana setiap otot berkontribusi pada kekuatan gigitan.

Kekuatan gigitan T.rex jauh melampaui makhluk hidup apa pun, meski bukan yang paling kuat sepanjang masa, karena menurut perkiraan para peneliti pada 2012 buaya sangat besar yang disebut Deinosuchus, yang hidup beberapa juta tahun sebelum T. rex dan lebih berat, memiliki kekuatan gigitan 23.000 pound (10.400 kilogram), demikian menurut warta kantor berita Reuters. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar