Jumat, 22 September 2017

Mengapa Asuransi Kendaraan saat Mudik Penting? Ini Alasannya

Jumat, 19 Mei 2017 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/mengapa-asuransi-kendaraan-saat-mudik-penting-ini-alasannya courtesy https://www.cermati.com/artikel/mengapa-asuransi-kendaraan-saat-mudik-penting-ini-alasannya
Ayo berbagi!

Mudik merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang datangnya hari raya lebaran. Mereka yang tinggal di kota-kota besar kembali ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara.

Salah satu moda transportasi pilihan pemudik untuk pulang kampung dengan membawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Hal ini dikarenakan mereka enggan repot berebut tiket mudik jika harus menggunakan kendaraan umum misalnya, bus, kereta api atau pesawat terbang. Selain itu, tiket mudik juga dinilai cepat sekali ludes dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang memilih untuk mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan kendaraan sebaik-baiknya seperti kesehatan mobil serta asuransi yang dimiliki. Asuransi kendaraan sangatlah penting saat mudik, hal ini karena pada saat mudik risiko yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Untuk itu, simak ulasan berikut tentang pentingnya asuransi kendaraan saat mudik.

Rawannya Kecelakaan

asuransi kecelakaan

kecelakaan via shutterstock.com

 

Tidak bisa dipungkiri dengan meningkatnya jumlah volume kendaraan menjelang mudik membuat risiko terjadinya kecelakaan juga meningkat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pemudik yang memilih untuk pulang ke kampung halamannya dengan membawa kendaraan pribadi membuat jalanan semakin padat. Menurut data dari Kementerian Perhubungan khusus untuk jalur darat, terdapat 1.289 kasus kecelakaan pada tahun 2016 lalu.

Selain itu, jarak yang panjang dan waktu istirahat yang sedikit menurunkan konsentrasi para pemudik dalam mengendarai kendaraannya. Kebanyakaan dari mereka ingin cepat sampai ke kampung halamannya tanpa mengindahkan waktu untuk istirahat dan rambu-rambu lalu lintas. Akibatnya mereka sering mengantuk di jalan dan tidak memperhatikan rambu lalu lintas yang membahayakan pengendara lain dan diri sendiri.

Solusi: Lakukan istirahat jika sudah merasa lelah dalam berkendara, jangan terlalu memaksakan ketahanan tubuh. Lengkapi juga kendaraan Anda dengan asuransi agar berkendara terasa lebih aman.

Baca Juga: Masih Menganggap Asuransi Mobil itu Remeh? Pahami Dulu Manfaatnya

Rawan Terjadinya Kehilangan

Menjelang hari raya idul fitri, kejahatan dilaporkan meningkat. Hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat juga ikut meningkat. Tidak dipungkiri bahwa meningkatnya kebutuhan ekonomi menjelang hari raya ini membuat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menghalalkan segala cara demi memenuhi kebutuhannya.

Salah satu objek yang menjadi sasaran oknum ini adalah kendaraan bermotor karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Mereka umumnya mengincar mobil atau motor yang kurang pengawasan dari pemiliknya untuk dicuri. Banyak kasus kehilangan kendaraan ini tidak hanya terjadi di tempat-tempat umum, akan tetapi di rumah sendiri pun bisa terjadi.

Solusi: Untuk mengatasi semua itu diperlukan adanya asuransi karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan asuransi Total Loss Only (TLO). Dengan menggunakan asuransi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan risiko tersebut. Asuransi akan melindungi kendaraan yang dibawa mudik serta kendaraan yang ditinggal di rumah selama mudik.

Mobil Rawan Rusak

mobil mogok

mobil mogok via shutterstock.com

 

Dikarenakan perjalanan mudik yang rata-rata menempuh jarak yang cukup jauh. Tentu kesehatan kendaraan harus benar-benar diperhatikan sebelum digunakan untuk pulang kampung. Jangan membawa kendaraan yang berpotensi mengalami kerusakan selama perjalanan.

Akan tetapi kerusakaan pada kendaraan selama perjalanan mudik tidak dapat diprediksi. Hal ini karena di saat perjalanan mudik hal apa saja bisa terjadi di jalan. Misalnya, mobil yang tiba-tiba ngadat saat di perjalanan, tentu saja hal ini sangat menyebalkan sebab dapat membuat perjalanan menuju kampung halaman terhambat.

Solusi: segera miliki asuransi untuk menangani hal tersebut karena asuransi memiliki perlindungan atas risiko tersebut. Selain itu bawalah kendaraan Anda ke bengkel sebelum dibawa mudik untuk mengecek kesehatan kendaraan tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kendaraan Untuk Anda

Pahami Manfaat Memiliki Asuransi Selama Mudik

Selain meng-cover risiko yang kemungkinan terjadi saat mudik, memiliki asuransi juga memberikan manfaat lain saat mudik. Hal tersebut tentunya menambah kenyamanan dan ketenangan Anda saat menjalani mudik.

Mobil Tampak Baru Kembali sehabis Mudik

mobil baru

cat ulang mobil via shutterstock.com

 

Jika sialnya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan Anda lecet berat maupun ringan saat mudik, tidak perlu khawatir jika kendaraan tersebut sudah diasuransikan. Pihak asuransi akan memperbaiki lecet-lecet yang ada.

Anda tinggal mengklaim asuransi yang dimiliki dan memasukan kendaraan ke bengkel rekanan terdekat, terlebih perusahaan-perusahaan asuransi besar bengkel rekanannya sudah tersedia di daerah-daerah. Hal ini sangat memudahkan bukan? Anda tidak perlu repot kembali ke kota asal untuk memperbaiki kendaraan Anda. Kendaraan pun mulus seperti baru lagi saat kembali.

Tidak Memerlukan Anggaran Tambahan

Saat mudik tentu saja Anda sudah menganggarkan segala sesuatunya dengan pas. Baik itu untuk kebutuhan di kampung maupun untuk biaya kembali lagi ke kota asal. Dengan adanya risiko-risiko yang berkemungkinan terjadi di jalanan pastinya Anda harus membuat anggaran tambahan untuknya.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika memiliki asuransi, anggaran tersebut bisa diminimalisir karena risiko yang berkemungkinan terjadi pada kendaraan bisa diminimalisir. Hal ini karena Anda sudah membayarkan premi setiap bulan atau tahunnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan.

Baca Juga: Ketahui Hal Ini Tentang Asuransi Motor

Miliki Asuransi Kendaraan Sekarang

Bagi Anda yang akan memilih untuk mudik dengan membawa kendaraan pribadi ada baiknya untuk memerhatikan risiko yang berkemungkinan terjadi dengan memastikan kendaraan tersebut memiliki asuransi. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik. Jika belum memiliki asuransi segeralah untuk mengajukannya, banyak premi murah yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, namun tetap dengan perlindungan yang dibutuhkan. Jadi perjalanan mudik Anda pun akan terasa nyaman dan tenteram.

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar