Senin, 21 Agustus 2017

Analis: S&P beri kabar positif bagi rupiah

Jumat, 19 Mei 2017 18:07

Ayo berbagi!

Rupiah akhirnya ditutup unggul terhadap the greenback setelah pengumuman rating dari lembaga pemeringkat Standard & Poor's.

Di pasar spot, Jumat (19/5) nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat 0,23% ke level Rp 13.325 dibanding sehari sebelumnya. Dalam sepekan terakhir, rupiah terangkat 0,03%.

Ekonom PT Bank Permata, Josua Pardede seperti dikutip dari KONTAN menjelaskan, pergerakan rupiah dalam sepekan terakhir memang diliputi sentimen positif baik dari sisi eksternal maupun internal.

Kondisi politik di Amerika Serikat (AS) yang kian memanas memberi tekanan pada dollar AS sehingga menguntungkan mata uang garuda. Di saat yang sama, rupiah mendapat dukungan dari kenaikan harga minyak dunia.

Lalu pada akhir pekan ini S&P akhirnya menaikkan peringkat utang Indonesia menjadi layak investasi. "Ini merupakan berita positif bagi rupiah. Ke depan, sentimen ini diharapkan mampu membawa lebih banyak dana asing ke dalam negeri," kata Josua.

Menurutnya, masih banyak investor asing yang menahan untuk berinvestasi di dalam negeri lantaran menunggu kenaikan peringkat utang Indonesia dari S&P.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar