Sabtu, 19 Agustus 2017

KPK rekomendasikan Sumut jadi contoh e-Planning dan e-Budgeting tingkat provinsi

Jumat, 19 Mei 2017 21:05

Foto: Heru R. Kurnia. Foto: Heru R. Kurnia.
Ayo berbagi!

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merekomendasikan program e-Planning dan e-Budgeting Pemprov Sumut menjadi contoh atau model bagi provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.

Hal itu terungkap saat Sekda Provinsi Sumut Hasban Ritonga menerima kunjungan Tim Pemprov Sulawesi Tengah dan Tim Pemprov Bengkulu di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (16/5) seperti dilaporkan Reporter Heru Rahmad Kurnia.

Tim Pemprov Sulawesi Tengah dan Pemprov Bengkulu ini melakukan studi banding e-Planning dan e-Budgetting ke Pemprov Sumut atas rekomendasi KPK, karena aplikasi sistem dimaksud di Sumut dinilai KPK cukup baik.

Jika selama ini Surabaya di rekomendasikan sebagai contoh tingkat kota, kata Ketua Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Korupsi Terintegrasi KPK Wilayah Sumut Adlinsyah Nasution, maka kini Sumut kita rekomendasikan menjadi contoh untuk tingkat provinsi dalam program e-Planning dan e-Buggetting.

Adlinsyah Nasution menyampaikan, pihaknya gembira dan terus mendorong optimalisasi program e-Budgetting dan e-Planning Pemprovsu ini terus semakin baik, sehingga provinsi-provinsi lain tidak bingung untuk studi banding, melainkan sudah ada yang baik di Sumut.

Idealnya untuk tingkat provinsi contoh aplikasinya dilihat di tingkat provinsi pula, sementara ditingkat kota dan kabupaten dilihat di kabupaten yang sudah baik lainnya.

Sekdaprovsu H Hasban Ritonga menyampaikan terima kasih atas dorongan KPK yang serius membimbing dan mensupervisi Sumut membangun sistem yang terintegrasi untuk mendukung good and clean government.

"Semua ini diawali dengan membangun komitmen semua jajaran di Pemprovsu dan seluruh kabupaten dan kota di Sumut untuk menjadi daerah ini semakin baik dan mempersempit peluang KKN hingga sistem yang bebas KKN," kata Hasban.

Kemudian didorong dan disupervisi oleh KPK terus dibangun sistem berbasis IT atau teknologi informasi dan komunikasi sehingga Sumut dapat membangun sistem elektronik termasuk e-Planning dan e-Budgetting yang dinilai KPK sudah baik ini

Mudah-mudahan, kata Hasban, pertemuan ini bermanfaat dan kunjungan Provinsi Sulteng dan Provinsi Bengkulu dapat saling tukar pengalaman dan bisa saja ke depan Sulteng dan Bengkulu lebih maju.  

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar