Minggu, 24 September 2017

Donald Trump: pemecatan direktur FBI 'kurangi tekanan'

Sabtu, 20 Mei 2017 10:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!
Trump
AFP
Trump diberitakan dia menyebut Comey sebuah "pekerjaan yang benar-benar gila"

Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada pejabat Rusia bahwa pemecatan direktur FBI James Comey mengurangi "tekanan besar" terhadap dirinya, seperti dilaporkan media AS.

New York Times, mengutip sebuah dokumen yang merangkum pertemuan pekan lalu, mengatakan dia menyebut Comey sebuah "pekerjaan yang benar-benar gila".

Comey telah melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan kolusi anyara Rusia dan tim kampanye Donald Trump.

Laporan terakhir ini dipublikasikan sesaat sebelum Trump terbang ke Timur Tengah untuk memulai kunjungan Luar Negeri pertama ke beberapa negara setelah menjabat sebagai presiden AS.

"Saya baru saja memecat kepala dari FBI, dia gila dan sebuah pekerjaan yang gila," kata Trump seperti diberitakan laporan tersebut.

"Saya menghadapi tekanan besar karena Rusia. Itu sudah bisa diatasi."

Dalam perkembangan lain, another Washington Post melaporkan bahwa seorang pejabat Gedung Putih yang sekarang merupakan "orang penting yang memiliki kepentingan" dalam investigasi dugaan kaitan kampanye Trump dengan Rusia.

Media AS itu mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya tetapi paham dengan penyelidikan itu, mengatakan bahwa seseorang itu 'dekat dengan presiden' tetapi mereka tidak kan mengungkapkan identitasnya lebih lanjut. Gedung Putih telah membantah adanya kolusi antara tim kampanye dengan "entitas asing".

Langkah Trump untuk memecat Comey mengejutkan berbagai kalangan. Sejumlah kritik menuduh presiden berupaya untuk menghalangi penyelidikan FBI terhadap dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu AS dan hubungan Moskow dengan rekan kerja Trump.

Comey setuju untuk memberikan rincian penyelidikan kepada Komite Intelejen Senat AS dalam sebuah rapat umum, juga menjawab pertanyaan seputar pemecatannya. Kepastian tanggal belum diumumkan, tetapi diperkirakan akan digelar pada bulan depan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar