Minggu, 28 Mei 2017

Kebangkitan Nasional momentum tingkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia

Sabtu, 20 Mei 2017 12:46

Foto : Istimewa. Foto : Istimewa.
Ayo berbagi!

Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan, Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum bersejarah yang menjadi salah satu tonggak penting bagi tegaknya nasionalisme sebagai bangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Dalam rilisnya yang diterima redaksi elshinta.com, Sabtu (20/5), Novanto mengatakan, Kebangkitan Nasional mengisyaratkan bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan, tujuan dan cita-cita kemerdekaan yang seutuhnya akan mampu diraih. "Dengan pemahaman tentang nasionalisme yang utuh, kita mampu mewujudkan cita-cita bangsa dan negara sebagaimana yang diamanatkan oleh para pendahulu dan pendiri bangsa ini," katanya.

Pria yang akrab disapa Setnov ini mengungkapkan, di tengah situasi sosial kemasyarakatan yang dapat terpecah dan terfragmentasi, maka nilai-nilai nasionalisme sangatlah diperlukan. Begitu pula peran para cerdik pandai, para alim dan ulama serta para kaum profesional sangat diperlukan untuk membangkitkan semangat dan harapan tentang Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Sebagaimana peran para pelopor kebangkitan dan kemerdekaan masa lalu, mereka pun sejatinya mampu menyuarakan visi dan misi yang sama tentang NKRI, tentang Pancasila sebagai dasar negara yang mampu menyatukan perbedaan yang kita miliki," ujarnya.

Novanto juga mengingatkan bahwa Hari Kebangkitan Nasional bukanlah sekedar ritual peringatan tahunan, namun lebih dari itu memberi pelajaran berharga tentang bagaimana menyikapi perbedaan dalam berbagai aspek kehidupan di alam demokrasi. Perbedaan yang tidak disikapi dengan sinisme apalagi kebencian. Perbedaan yang tidak dijawab dengan kekerasan ataupun intimidasi. Namun perbedaan yang dihadapi dengan keteduhan dan kesejukan atas dasar persamaan nasib sebagai anak bangsa yang sedang membutuhkan suasana kehidupan yang aman, tertib dan damai.

"Nasionalisme adalah sumber kekuatan kita bersama. Mari kita asah dan rawat dengan baik demi tegak dan lestarinya masa depan Indonesia yang kita cintai," tandasnya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar