Jumat, 23 Februari 2018

Gamelan Bali jadi inspirasi film Avatar dan Bali: Beats of Paradise

Jumat, 26 Mei 2017 18:32

Foto: Redaksi. Foto: Redaksi.
Ayo berbagi!

Film Avatar, karya James Cameron ternyata diisi gamelan Bali. Dilansir dari Los Angeles Times "The gamelan is Balinese... A lot of the percussion for “Avatar” is gamelan-based or sounds gamelan-based. So this has this sort of quality of ringing bells, like Indonesian music. It’s a very pretty fusion of different worlds that gives the place itself a quality that is magical."

“Film Avatar menggunakan gamelan Bali. Perkusi yang melantun dalam adegan-adegan "avatar" di film tersebut berbasiskan gamelan Bali. Menurut Los Angeles Times suara gamelan sangatlah indah, "magical", kata sutradara film Livi Zheng dalam rilis tertulis, jumat (26/5).

Mengetahui hal itu, Dubes Umar Hadi di Seoul, yang pada waktu itu mejabat sebagai Konsul Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles memiliki gagasan ide yang sangat inovatif untuk memproduksi film “Bali: Beats of Paradise" yang kemudian direalisasi bersama-sama dengan sutradara film Livi Zheng.

Sutradara film Bali: Beats of Paradise yang bertemakan gamelan ini adalah Livi Zheng. Livi adalah sutradara Indonesia di Hollywood yang sudah menyutradarai banyak bintang-bintang Hollywood, diantaranya Tony Todd (Candyman, Final Destination), Keith David (Armageddon, Platoon, The Chronicles of Riddick), John Savage (The Godfather Part III, Deer Hunter), dan Madeline Zima ( TV seri The Nanny dan A Cinderella Story).

Film ini melibatkan guru besar gamelan di Amerika Serikat asal Bali, Profesor I Nyoman Wenten dan istrinya Nanik Wenten yang sebelumnya bekerja sama dengan penyanyi populer, Ricky Martin.

I Nyoman Wenten sudah tampil banyak kali di Amerika Serikat dan di benua lainnya seperti Eropa, Amerika Selatan dan juga banyak negara di Asia. Ia pun bahkan sudah tampil di Walt Disney Hall, Los Angeles and Lincoln Center, New York City.

I Nyoman Wenten yang pernah diundang untuk rekaman di Capitol Records, Hollywood, juga pernah berkolaborasi dan pentas di Brazil dengan Gilberto Gil, yang adalah seorang penyanyi, gitaris dan songwriter yang juga diangkat menjadi Menteri Kebudayaan Brazil pada tahun 2003 sampai 2008.

Menurut Julia Gouw, pengagum gamelan yang lebih dikenal sebagai salah satu dari 25 bankir wanita yang terkuat di Amerika, yang sebelumnya menjabat sebagai Presiden dan COO East and West Bank Amerika Serikat, berkata bahwa "Gamelan berperan penting di seni musik Amerika Serikat. Film-film Hollywood banyak yang menggunakan gamelan. Gamelan juga diajarkan di banyak kampus-kampus ternama di Amerika Serikat”,kata Julia.

“Saya sangat senang dan bangga bahwa film Bali: Beats of Paradise ini akan didistribusikan secara luas di Amerika. Saya berharap semakin banyak orang yang mengenal dan mempelajari kebudayaan Indonesia,” tambah Julia yang baru-baru ini menerima penghargaan bersama dengan Demi Lovatto. (Dody/SiK)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar