Rabu, 13 Desember 2017

Liburan ke Solo, Inilah Tempat Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan

Jumat, 16 Juni 2017 14:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/liburan-ke-solo-inilah-tempat-wisata-yang-tak-boleh-dilewatkan courtesy https://www.cermati.com/artikel/liburan-ke-solo-inilah-tempat-wisata-yang-tak-boleh-dilewatkan
Ayo berbagi!

Nama Solo sempat ramai diperbincangkan saat Joko Widodo yang saat itu adalah Wali Kota Solo maju dalam Pilgub DKI Jakarta berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama. Nama Solo semakin dikenal luas setelah Joko Widodo terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia setelah memenangkan Pilpres 2014.

Berada di Jawa Tengah, Kota Solo menyimpan banyak cerita. Kota ini menjadi saksi berdirinya Kasunanan Surakarta setelah sengketa politik Kesultanan Mataram. Bukti-bukti peninggalan kerajaan bahkan masih bisa dilihat dari nilai-nilai kebudayaan dan tradisi kerajaan yang masih mengakar di tengah-tengah masyarakat Kota Solo.

Menariknya, Kota Solo juga menyimpan magnet pariwisata yang sulit untuk dilewatkan. Hal itulah yang membuat Solo menjadi salah satu kota yang sering dikunjungi, baik wisatawan domestik maupun internasional. Bagaimana tidak, Solo memiliki tempat-tempat wisata yang sayang bila tidak dikunjungi.

Lantas, apa sajakah tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi di Solo?

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta

Keraton Surakarta via wisatasenibudaya.com

 

Penasaran dengan sejarah Kota Solo? Langsung saja datang ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dibangun pada tahun 1744 setelah sempat mengalami kerusakan pada 1743. Setelah Republik Indonesia resmi berdiri, bangunan ini tidak lantas sepenuhnya beralih fungsi. Sunan yang adalah Raja Kasunanan Surakarta tetap tinggal di dalam keraton.

Dengan bermodalkan Rp10.000, sejumlah koleksi yang berada dalam keraton bisa dilihat langsung, seperti wayang kulit, kereta kencana, dan senjata tradisional. Selain itu, pengunjung juga boleh melihat-melihat sekeliling keraton dan memasuki beberapa bangunan yang ada di dalam kawasan.

2. Pandawa Water World Solo

Pandawa Water World Solo

Pandawa Water World Solo via telusurindonesia.com

 

Wahana air yang satu ini paling cocok sebagai tempat untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Terdapat 27 wahana permainan yang wajib untuk dicoba. Sebagaimana namanya, di setiap titik-titik tertentu, terpasang patung-patung yang mewakili sosok-sosok dalam cerita Mahabarata, seperti Bima ataupun Arjuna. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp80.000-Rp100.000, liburan bersama keluarga akan terasa memuaskan.

3. Taman Balekambang

Taman Balekambang

Taman Balekambang via indonesiakaya.com

 

Bagi yang ingin bersantai dengan keluarga, mengunjungi Taman Balekambang boleh jadi merupakan pilihan yang tepat. Taman ini menawarkan lokasi yang hijau, asri, dan bersih. Selain itu, taman ini juga terbagi atas dua bagian, yaitu Taman Air Partini dan Hutan Partinah. Kedua bagian tersebut mewakili kedua nama putri Mangkunegara VII, yaitu Partini dan Partinah. Karena itu, ada patung yang mencitrakan kedua putri tersebut di dalam taman.

4. Fort Vastenburg

Fort Vastenburg

Fort Vastenburg via rentalmobiljogja.id

 

Dibangun pada 1745 semasa Hindia Belanda, bangunan ini difungsikan sebagai benteng untuk mengawasi Surakarta dan sebagai pusat garnisun. Menurut masyarakat Solo, benteng ini dikenal angker. Dahulu benteng ini pernah dijadikan tempat penyiksaan. Ditambah lagi pertempuran pernah terjadi di sekitar benteng yang menewaskan banyak orang.

Melihat nilai historis dari Vastenburg, Pemerintah Kota Solo melakukan perbaikan agar benteng peninggalan Belanda ini menjadi tempat wisata. Hasilnya, kini Benteng Vastenburg tampak lebih baik dari sebelumnya. Bagi yang suka akan sejarah, mengunjungi Benteng Vastengburg bisa menambah wawasan mengenai sejarah Indonesia.

5. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market via wisatadigital.com

 

Berada di lokasi yang mudah dijangkau, pasar yang hadir Sabtu malam ini selalu banyak pengunjung. Bagi yang ingin mengisi akhir pekan di Solo pada malam hari, tak ada salahnya untuk mengunjungi pasar ini.

Beragam barang dagangan ataupun oleh-oleh bisa didapatkan di sini. Beberapa kuliner khas Kota Solo juga bisa ditemui di sini. Pasar yang diadakan Joko Widodo sejak 16 Februari 2009 ini mulai ramai pukul 7 hingga 10 malam.

Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

Puaskan Diri dengan Kesenangan Berlibur

Berlibur menjadi aktivitas yang menyenangkan. Selain sebagai pelepas kepenatan, berlibur juga sebagai cara mencari inspirasi atau mengeratkan hubungan dengan teman ataupun keluarga. Dengan berlibur, pikiran yang selama ini terbebani entah urusan pekerjaan atau masalah lainnya menjadi lebih fresh. Semangat pun yang hampir hilang kembali lagi dan Anda siap untuk memulai rutinitas kembali.

Baca Juga: Tips Liburan Murah ke Korea Selatan

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar