Rabu, 13 Desember 2017

Tekan harga, Pemkab Lumajang sediakan 80 ribu ton bawang putih

Jumat, 16 Juni 2017 13:47

Foto: Efendi Murdiono Foto: Efendi Murdiono
Ayo berbagi!

Menekan harga bawang putih menghadapi hari raya Idul Fitri 1438 H Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyediakan tiga kontainer bawang impor.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang Agus Eko, Jumat (16/6) mengatakan, hal ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam rangka gerakan stabilisasi pangan. Menurutnya di Lumajang telah dibentuk "Satgas gerakan pengendalian pangan". Untuk menjaga harga tidak sampai melonjak tinggi dan masyarakat tidak sampai mengeluhkan, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Efendi Murdiono.

Lanjut Agus, apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang supaya harga tidak melonjak akibat adanya permainan harga oleh tengkulak dan penjual dengan memanfaatkan momentum hari besar keagamaan.

Penjualan eceran Wakil Bupati Lumajang dr. Buntaran Suprianto, M.Kes telah melouncing komoditi bawang putih impor dari Tiongkok dengan harga tertinggi Rp25.000 per kilogram, sementara bawang putih dipasaran masih dijual dengan harga Rp30.000 per kilogram.

Stok dalam pemenuhan hari raya Idul Fitri investor telah menyiapkan tiga kontainer atau setara 80 ribu ton hal ini bisa terwujud adanya kerjasama yang baik pihak pemerintah dengan investor dari Mustikatama selaku importir holtikultura.

Bawang tersebut akan di jual sesuai rumus koordinat untuk mempengaruhi pasar yang lainnya, dalam penyetabilan dan menekan harga tidak perlu keliling di dua puluh satu kecamatan menjualnya.

Kesempatan yang baik itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga menjual bawang putih didepan kantornya di jalan Jenderal Ahmad Yani pada jam kerja untuk memberikan kesempatan kepada warga yang tidak sempat ke pasar. Stand jualan yang ada di pintu salah satu masuk akses dalam kota itu jadi titik penyetabilan harga supaya masyarakat mudah memperoleh bawang putih.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigti Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar