Kamis, 29 Juni 2017

Formasi Armada AL Tiongkok Berkunjung ke Iran

Jumat, 16 Juni 2017 22:00

Ayo berbagi!

Formasi armada Angkatan Laut (AL) Tiongkok Kamis kemarin (15/6) tiba di Bandar Abbas, Iran untuk memulai kunjungan persahabatan selama 4 hari.

Formasi armada AL Tiongkok yang berkunjung di Iran terdiri atas kapal rudal pemburu Changchun, korvet rudal Jinzhou dan kapal pasokan terpadu Chaohu. Kunjungan armada Tiongkok tersebut disambut oleh Duta Besar Tiongkok untuk Iran, Pang Sen didampingi staf lainnya serta perwakilan perusahaan Tiongkok dan Tionghoa perantauan di Iran.

Kedatangan armada Tiongkok juga disambut AL Iran dalam sebuah acara penyambutan yang meriah di dermaga. Komandan formasi armada AL Tiongkok, Shen Hao menyatakan di depan acara penyambutan bahwa rakyat Tiongkok dan Iran menjalin hubungan persahabatan sejak lama. Pertukaran antara angkatan laut kedua negara terus meningkat. Ia mengatakan, baik Tiongkok maupun Iran adalah negara peradaban kuno di Asia. Hubungan persahabatan antara rakyat kedua negara dapat ditelusuri hingga dua ribu tahun yang lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan Tiongkok dan Iran telah mewujudkan perkembangan yang sehat dan berkelanjutan. Sementara itu, kontak antara lapisan tingkat tinggi kedua negara kerap kali dilakukan, dan kepercayaan politik kedua negara terus ditingkatkan. Pertukaran antara angkatan laut kedua negara juga semakin mendalam.

Komandan armada Tiongkok Shen Hao menambahkan, begitu menginjakkan kakinya di dermaga Bandar Abbas, dirinya telah merasakan nuansa persahabatan yang kental dari berbagai kalangan, khususnya AL Iran. Atas nama 150 tentara, ia menyatakan terima kasih yang tulus atas sambutan yang memuaskan dari Iran. Ia juga menyatakan terima kasih atas penyambutan Kedutaan Besar Tiongkok untuk Iran serta perwakilan perusahaan Tiongkok dan masyarakat Tionghoa setempat.

Shen Hao menyatakan AL Tiongkok akan meningkatkan pertukaran dan kerja sama dengan AL Iran, meningkatkan saling pengertian dan kepercayaan antara satu sama lain dan berupaya bersama demi memelihara kestabilan dan perdamaian di kawasan.

"Menurut jadwal, AL kedua negara akan melakukan pertemuan tingkat tinggi, seminar profesional, kunjungan ke kapal masing-masing serta berbagai kompetisi. Melalui kegiatan tersebut, AL kedua negara diyakini dapat meningkatkan saling pengertian dan kepercayaan. Kerja sama dan persahabatan antara AL kedua negara akan ditingkatkan lebih lanjut. Walaupun Tiongkok dan Iran letaknya berjauhan secara geografis, namun ini tidak akan menjadi penghalang bagi kedua tentara untuk saling mendekat dan menjalin persahabatan. AL Tiongkok berharap dapat melakukan kerja sama pragmatis dengan AL Iran, dan berupaya bersama dalam memelihara kestabilan dan perdamaian dunia, serta bersama-sama menyongsong masa depan yang indah dalam hubungan Tiongkok dan Iran." Demikian dikatakan Shen Hao

Panglima Komando Pertahanan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Azad menyatakan, kunjungan armada AL Tiongkok kali ini akan bermanfaat untuk meningkatkan hubungan antara tentara kedua negara.

Hossein Azad menambahkan, selama kunjungan kali ini, tentara AL kedua negara akan melakukan pertukaran secara luas. Seusai kunjungan, kedua pihak akan melakukan latihan militer bersama di perairan timur Selat Hormuz.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar