Sabtu, 19 Agustus 2017

Tontowi/Liliyana akhirnya merebut juara di dalam negeri

Senin, 19 Juni 2017 04:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!

Tuan rumah Indonesia akhirnya berhasil meraih satu gelar juara di kejuaraan bulu tangkis Indonesia Terbuka lewat nomor ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu mengalahkan pasangan asal Cina, Zheng Siwei/Chen Qingchen, dalam pertandingan dua set langsung dengan angka 22-20 dan 21-15, Minggu (18/06).

Kemenangan yang mengantarkan gelar pertama di dalam negeri bagi Tontowi/Lilyana, yang juga sudah merebut juara All England tiga kali.

"Ini sangat berarti bagi kami. Kami sudah menang di Olimpiade, kami sudah di All England tiga kali, namun sebelumnya tidak pernah menjadi juara di rumah sendiri," kata Tontowi usai pertandingan.

Sayaka Sato, Jepang, bulu tangkis, indonesia open, badminton
AFP/GOH CHAI HIN
Sayaka Sato tak kuasa menahan tangis kegembiraan setelah merebut juara tunggal putri di Indonesia Terbuka.

Sebelumnya, pasangan hanya berhasil mencapai final -yaitu pada tahun 2011 dan 2012- namun kalah dari pasangan Cina, Zhang Nan/Zhao Yunlei, dan pasangan Sudket Prapakamol/Saralee Thungthongkam asal Thailand.

Di nomor tunggal putra, pebulu tangkis India, Kidambi Srikanth, merebut gelar juara setelah mengalahkan Kazumasa Sakai dari Jepang dengan dua set langsung, 21-11 dan 21-19.

Peringkat 22 tersebut sempat ketinggalan dari Sakai -yang berada di peringkat 47 dunia- di set kedua namun kemudian kembali mengendalikan permainan dan merebut gelar pertamanya di Indonesia Terbuka.

Kidambi Srikanth, Indonesia Terbuka, India, badminton
AFP
Kidambi Srikanth merebut juara tunggal putra dengan mengalahkan Kazumasa Sakai dari Jepang.

"Sudah lama sekali sejak saya merebut juara (rangkaian kejuaraan) Super Series dan saya sebenarnya cedera sejak Olimpiade," tuturnya kepada para wartawan.

Bulan April lalu, pria berusia 24 tahun ini berhasil mencapai final Singapura Terbuka namun dikalahkan oleh rekan senegaranya, Sai Praneeth.

Chen Qingchen/Jia Yifan, cina, indonesia open, badminton
EPA/ADI WEDA
Pasangan Cina Chen Qingchen/Jia Yifan merayakan kemenangan di ganda putri

Sedangkan juara tunggal putri direbut Sayaka Sato, yang untuk pertama kalinya pula menang di rangkaian kejuaraan Super Series.

Dia mengalahkan peringkat lima dunia asal Korea Selatan, Sung Ji Hyun, lewat pertandingan penuh tiga set dengan angka 21-13, 17-21, dan 21-19.

"Setelah set kedua, saya lihat wajah lawan cukup tegang... di situlah saya mulai mengumpulkan angka demi angka," jelasnya setelah merebut gelar pertamanya di kejuaraan utama bulu tangkis dunia.

Hasil lengkap Indonesia Terbuka

  • Tunggal putra: Kidambi Srikanth (India) - Kazumasa Sakai (Jepang) 21-11, 21-19
  • Tunggal putri: Sayaka Sato (Jepang) - Sung Ji Hyun (Korea Selatan) 21-13, 17-21, 21-14
  • Ganda putra: Li Junhui/Liu Yuchen (Cina) - Mathias Boe & Carsten Mogensen (Denmark) 21-19 19-21 21-18
  • Ganda putri: Chen Qingchen/Jia Yifan (Cina) - Chang Ye Na/Lee So Hee (Korea Selatan) 21-19 15-21 21-10
  • Ganda campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia) - Zheng Siwei/Chen Qingchen (Cina) 22-20 21-15
Li Junhui/Liu Yuchen, cina, indonesia terbuka, badminton
EPA/ADI WEDA
Pekik Li Junhui/Liu Yuchen dari Cina setelah mengalahkan pasangan Denmark, Mathias Boe & Carsten Mogensen, di ganda putra.
Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar