Jumat, 20 Oktober 2017

Agar Bisnis Makin Moncer, Maksimalkan Keuntungannya dengan Cara Ini

Senin, 19 Juni 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/agar-bisnis-makin-moncer-maksimalkan-keuntungannya-dengan-cara-ini courtesy https://www.cermati.com/artikel/agar-bisnis-makin-moncer-maksimalkan-keuntungannya-dengan-cara-ini
Ayo berbagi!

Ada tantangan tersendiri saat menjadi pebisnis. Berbagai rintangan dan tantangan akan menjadi hal-hal yang dihadapi selama menjalankan bisnis. Bisa saja kegagalan akan dihadapi dalam menjalankan bisnis. Namun, hal ini tak boleh menjadi alasan bagi Anda untuk menyerah dan putus asa. Jadikan, kegagalan yang ada sebagai pengalaman dan ilmu baru yang bermanfaat untuk bisnis.

Terus belajar merupakan jalan untuk meraih kesuksesan. Nah, berikut ini ada beberapa tips menjalankan bisnis agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baca Juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

1. Tampilkan Kekhasan dari Bisnis yang Dijalankan

Bisnis Unik
Bisnis yang Punya Kekhasan Biasanya Cenderung Diingat via shutterstock.com

Dalam menjalankan bisnis, sangat penting untuk menampilkan wajah dari bisnis yang sedang dijalankan. Maksudnya, apa yang bisa membuat pelanggan langsung mengenali atau akrab dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Inilah yang disebut sebagai kekhasan. Butuh inovasi dan kreativitas untuk menciptakan dan menampilkan kekhasan tersebut.

Kekhasan yang jarang ditemukan di bisnis lainnya biasanya yang mudah diingat dalam benak pelanggan. Kekhasan inilah yang kemudian mendorong pelanggan untuk membeli atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Biasanya kekhasan ini terdapat pada brand, tagline, harga, ataupun kualitas. Seperti yang ditampilkan Nike dengan logo centangnya dan tagline “Just Do It”.

2. Jangan Lupakan Rencana

Rencana Bisnis
Ilustrasi Menyusun Rencana Bisnis via shutterstock.com

Rencana itu sangat penting. Karena itu, jangan lupa untuk menyusun rencana dalam menjalankan bisnis. Perencanaan bisnis yang matang akan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis.

Susunlah rencana dengan matang dan detail. Apa yang ingin dimasukkan ke dalam rencana bisnis bisa dimulai dari visi dan misi yang ingin dicapai, membuat gambaran perusahaan dan produk, rencana pemasaran, analisis pasar, analisis kompetitor, analisis SDM, analisis keuangan, analisis risiko, serta rencana pengembangan usaha. Jangan lupa untuk membuat target yang ingin dicapai.

3. Buat Pelanggan Terkesan

Membuat Pelanggan Terkesan
Kesan yang Baik Membuat Pelanggan Puas via shutterstock.com

Seberapa mampu Anda membuat pelanggan puas? Penting sekali karena pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan yang setia. Semuanya dimulai dari kesan yang dirasakan kepada pelanggan. Entah itu dari cara memberikan pelayanan sampai kualitas produk yang ditawarkan.

Keuntungan dari membuat pelanggan terkesan tidak hanya kesetiaan dalam menggunakan produk Anda, tetapi review atau testimoni dari pelanggan tersebut. Review atau testimoni yang positif secara tidak langsung memasarkan produk Anda ke pelanggan-pelanggan lainnya.

4. Tujuan yang Hendak Dicapai

Tujuan BisnisT
Tujuan Tanpa Rencana Hanyalah Harapan via shutterstock.com

Setiap bisnis apa pun yang dijalankan memiliki tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apa yang hendak ingin dicapai dari bisnis yang Anda jalankan menjadi motivasi untuk terus melakukan hal-hal progresif dalam bisnis. Satu tujuan tercapai maka membuka jalan untuk mewujudkan tujuan-tujuan besar yang sedang menanti.

5. Mudah Beradaptasi dengan Perubahan

Adaptasi Teknologi
Beradaptasi dengan Teknologi Akan Menguntungkan bagi via shutterstock.com

Cara pandang yang baik adalah melihat setiap yang terjadi semisal fenomena penggunaan gadget dan media sosial sebagai peluang memperbesar bisnis. Bisa memanfaatkan teknologi yang ada membuka lebar jalan bagi Anda untuk mempopulerkan bisnis dan produk/jasa yang Anda tawarkan, meningkatkan angka penjualan, dan meningkatkan efisiensi.

Baca Juga: Hindari! Ini 5 Modus Penipuan Bisnis Online

Jalankan Bisnis dengan Sungguh-sungguh

Menjalankan bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Namun, bisa dipelajari dengan niat dan tekad yang kuat. Anda bisa belajar banyak tak hanya dari buku saja, tetapi juga melalui seminar, pameran, pengalaman dari orang-orang sukses, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Memutuskan Memperluas Bisnis

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar