Kamis, 29 Juni 2017

DPR desak pemerintah perhatikan keselamatan pemudik

Senin, 19 Juni 2017 18:59

Ayo berbagi!

Wakil Ketua Komisi V DPR Michael Wattimena mendesak pemerintah untuk serius memperhatikan kenyamanan dan keselamatan kepada masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2017.

Desakan Michael Wattimena tersebut disampaikan di Jakarta, Senin, terutama kepada "stakeholder" yang berhubungan dengan tradisi mudik seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Korlantas Kepolisian.

"Tentunya DPR berharap semua pihak berpadu satu untuk memperhatikan keselamatan dan kenyamanan para saudara Muslim yang akan pulang kampung untuk bertemu dengan sanak saudara," katanya saat melakukan kunjungan kerja spesifik untuk mengecek kesiapan prasarana mudik Lebaran 2017 ke berapa wilayah Pulau Jawa seperti Tol-Cikarang utama, tol Cikopo - Palimanan dan Pintu Tol Brebes Timur serta tol fungsional Gringsing.

Politisi Partai Demokrat itu juga berharap kejadian yang memilukan pada mudik 2016 di di Pintu Tol Brebes Timur (Brexit) tidak terulang kembali.

Dia mengatakan segala persiapan harus berjalan dengan baik, seperti sarana dan prasarana tempat istirahat yang memadai, lintas perjalanan yang sudah rapi tidak berlubang, penerangan dan rambu-rambu jalan serta pengaturan lajur lalu lintas oleh pihak Korlantas berjalan dengan baik.

"Utamanya bagaimana mengurangi kemacaetan di titik-titik tertentu hingga begitu panjang 15 km pada tahun lalu tidak terulang kembali. Untuk mengatasi dan solusi adalah jalur alternatif sehingga tidak terjadi penumpukan, penambahan tol dapat mengurangi kemacetan dan penumpukan kedaraaan," katanya.

Di sisi lain Michael mengaprasiasi langkah pemerintah seperti yang dilakukan Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri yang intensif memantau segala persiapan jalur-jalur yang dilalui pemudik.

Selain itu menurut dia, Komisi V DPR meminta maskapai penerbangan dan pihak bandara memperhatikan keselamatan penumpang yang menggunakan jalur udara.

"Semua pihak baik yang berhubungan darat, udara dan laut agar memperhatikan keselamatan para penumpang. Kami harapkan jalur fungsional dapat memberikan solusi bagi para pemudik pada masa Lebaran 2017," ujarnya.

Dia juga berharap Kementerian Perhubungan bersama Korlantas Polri membantu menginformasikan titik kemacetan arus mudik tahun ini.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar