Selasa, 22 Agustus 2017

Ramadan dan Lebaran, Pertamina Sumbagsel pastikan stok BBM aman

Selasa, 20 Juni 2017 15:15

Foto: Adi Asmara Foto: Adi Asmara
Ayo berbagi!

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel akan memaksimalkan persiapan penyaluran BBM dengan mengoptimalkan stok dan menyiapkan tim satuan penugasan (Satgas). Hal itu diharapkan untuk memastikan bahwa pasokan serta distribusi BBM selama masa Ramadan dan Lebaran 1438 H dalam kondisi aman.

Area Manager Communication and Relations Sumbagsel, M Roby Hervindo kepada Kontributor Elshinta, Adi Asmara di Palembang, Selasa (20/6), mengatakan, terkait dengan kesiapan BBM menjelang Ramadan, pihaknya telah memaksimalkan persiapan sejak H-15 hingga H+7, termasuk penambahan stok hingga 10 persen jika ada peningkatan permintaan di SPBU di jalur mudik yang ada di wilayah Sumatera bagian Selatan (Sumbagsel).

Menurut Roby, dari hasil analisa Pertamina pada setiap tahunnya, terutama pada musim mudik 2017, diprediksi akan ada peningkatan konsumsi BBM. Untuk konsumsi gasoline yaitu premium dan pertamax series diperkirakan akan meningkat sekitar 5,4 persen dibanding konsumsi harian normal. Selanjutnya pada produk Pertamina dex, dexlite serta LPG, diperkirakan masing-masing akan mengalami peningkatan sebesar 5 persen, 10 persen dan 6,7 persen.

Peningkatan konsumsi premium hanya satu persen dari 3.460 KL menjadi 3.508. Sedangkan akan terjadi penurunan konsumsi lima persen pada produk solar atau bio solar, semula konsumsi harian mencapai 4.120 KL menjadi 3.914 KL. 

Untuk menjaga kelancaran distribusi, Pertamina juga sudah menyiapkan langkah penambahan mobil tanki selama Satgas sebanyak 21 unit dengan total tonase 300 Kl. Hal itu guna mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi, seperti kemacetan, jalur yang sulit ditempuh, dan kondisi cuaca yang tidak baik.

Sementara itu, BBM di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Jambi dan Bengkulu, akan dioperasikan 24 jam saat musim mudik dan Lebaran.

Penulis: Angga Kusuma

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar