Kamis, 21 September 2017

Tiongkok Harap Korut dan Korsel Saling Perlihatkan Niat Baik

Rabu, 12 Juli 2017 00:00

Ayo berbagi!

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang dalam jumpa pers kemarin (10/7) di Beijing menyatakan, pihak Tiongkok menyambut konsep kebijakan tegas dan informasi positif yang disampaikan oleh pihak Korea Selatan (Korsel) untuk memperbaiki hubungan dengan Korea Utara (Korut), meredakan situasi di semenanjung dan mendorong penyelesaian masalah semenanjung. Tiongkok mengharapkan komunitas internasional untuk mengenal dan mendukung upaya konstruktif pihak Korsel.

Presiden Korsel Moon Jae-in diberitakan dalam pidatonya di Jerman Kamis lalu mengemukakan "konsep perdamaian semenanjung". Ia mengusulkan Korsel dan Korut secara keseluruhan menghentikan aksi permusuhan di garis demarkasi militer mulai akhir bulan Juli, mulai dari Festival Kue Bulan tahun ini menghidupkan kembali pertemuan sanak keluarga yang terpisah. Moon Jae-in menyatakan bahwa dia bersedia menemui Kim Jong-un apabila syarat tersedia dan ketegangan situasi mereda, sementara bersedia membahas semua masalah yang mengundang perhatian kedua pihak, seperti masalah nuklir dan persetujuan perdamaian.

Mengenai hal tersebut, Geng Shuang menyatakan, Tiongkok sudah mencatat berita terkait dan menyatakan sambutan. Pihak Tiongkok dengan tegas mendukung Korut dan Korsel memperbaiki hubungan melalui dialog. Korut dan Korsel diharapkan saling memperlihatkan niat baik, mendorong rekonsiliasi dan kerja sama, memainkan peranan positif untuk meredakan ketegangan situasi semenanjung, memelihara perdamaian dan kestabilan di semenanjung.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar