Jumat, 22 September 2017

Prof. Sri Yunanto: Perppu untuk menjaga dan merawat NKRI

Kamis, 13 Juli 2017 16:47

foto:dok elshinta foto:dok elshinta
Ayo berbagi!

Setelah melalui serangkaian proses, Presiden RI Joko Widodo resmi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti (Perppu) Undang-undang tentang Organisasi Masyarakat (Ormas).

Staf Ahli Menkopolhukam Prof. Sri Yunanto dalam wawancara dengan Radio Elshinta mengatakan, diterbitkannya Perppu ini demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Perppu ini juga untuk menjaga dan ‘merawat’ NKRI, dan juga sejalan dengan semangat reformasi serta membuat negara ini kuat".

Penerbitan Perppu itu diumumkan oleh Menkopolhukam yang dikenal dengan 'Perppu pembubaran ormas' dan sudah diteken Presiden Jokowi sejak beberapa hari yang lalu.

Pemerintah memandang perlu menerbitkan Perppu Nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat tanggal 10 Juli 2017.

Prof. Sri Yanto menegaskan, kebebasan terhadap ormas akan berjalan seperti biasa dengan dilandasi dengan NKRI, dan perlu partisipasi masyarakat dalam menjalankannya.

Staf Ahli Menkopolhukam juga menambahkan, bahwa pemerintah akan menjalankan Perppu sesuai koridor yang ada.

Seperti diketahui, salah satu pertimbangan terbitnya Perppu, karena UU Ormas dinilai tidak lagi memadai sebagai sarana mencegah ideologi ormas yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, baik aspek substantif atau prosedur. (Haryo)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-WiS

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar