Minggu, 19 November 2017

PN Jaksel kembali sidangkan kasus sengketa tanah di Kuningan Barat

Kamis, 13 Juli 2017 22:12

Foto: www.sindonews.com. Foto: www.sindonews.com.
Ayo berbagi!

PN Jakarta Selatan menggelar sidang sengketa lahan seluas 12 ribu meter persegi di Jalan Abdul Rochim RT 003/ RW 02 Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dengan agenda pembacaan replik pihak PT Cempaka Surya Kencana (CSK), sebagai tanggapan dari eksepsi dan jawaban dari pihak lawan.

Sebelumnya, pengadilan menerbitkan surat permohonan sita eksekusi dan pengosongan atas objek perkara No. 1445/Pdt.G.2009/PN.Jkt.Sel yang akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, Senin 22 Mei 2017.

Menurut kuasa hukum PT CSK Tri Hastutianto, pengosongan tanah yang berlokasi di Jalan Abdul Rochim, Kuningan Barat, Jakarta Selatan menyalahi aturan karena Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 4 Juni 2015 telah memvonis pidana lima bulan penjara, terhadap Rachmat Juniadi karena terbukti melakukan tindak pidana memasukkan keterangan palsu ke dalam suatu akta otentik terkait kasus tanah yang disengketakan dengan PT CSK.

"Gugatan perdata yang dimenangkan oleh kubuh Rachmat harus gugur, karena ditingkat pidana dan sudah berkekuatan hukum tetap. Dia sudah dinyatakan bersalah terkait keterangan palsu soal bukti kepemilikan tanah tersebut," ujar Tri ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (13/7).

Bahkan, putusan pidana itu sudah dijadikan novum pada tingkat Peninjauan Kembali (PK). "Putusan PN ini yang akan kami jadikan novum di PK 2 pada kasus perdatanya.

Karena vonis ini membuktikan bahwa telah terjadi tindak pidana pemalsuan terhadap surat tanah yang memang kami miliki," ujar Tri.

Kasus ini bermula ketika pihak Rakhmad Junaidi dan Zainal Arifin memenangkan gugatan perdata terhadap lahan itu .

Ia mempertanyakan, mengapa dokumen SHGB milik PT CSK, dapat kalah di pengadilan dengan pihak yang mengklaim atas tanah eks Eigendom Verponding No 7646 itu.

"Itu pun bukti yang diajukan hanya foto copy surat eigendom verponding. Aneh kan? foto copy saja bisa menang padahal kami punya surat sertifikat yang asli," kata Tri.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar