Jumat, 22 September 2017

Gempa 5,1 SR guncang Manggarai Barat, terasa hingga Pulau Komodo

Jumat, 14 Juli 2017 00:25

Ilustrasi Ilustrasi
Ayo berbagi!

Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,1 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Kamis (13/7) malam sekitar pukul 21.30 WIB, namun tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tektonik berkekuatan 5,1 SR di Mangggarai Barat itu dirasakan hingga Pulau Komodo, NTT.

"Dampak gempa berdasarkan peta guncangan menunjukkan gempa mengguncang pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI terjadi di Bima, Ruteng, Pulau Komodo dan Waingapu," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Moch Riyadi lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Gempa tersebut, tegas dia, terjadi pada pukul 21.30.34 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Dikutip Antara, Riyadi memaparkan, pusat gempa atau episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 8,22 LS dan 119,34 BT tepatnya di laut pada jarak 43 kilometer arah utara Kota Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada kedalaman 28 kilometer.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif," jelasnya.

Menurut dia, terdapat dugaan kuat Flores Back Arc Thrust menjadi pembangkit gempa bumi itu.

"Kepada masyarakat yang bermukim di sekitar pantai diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," pungkasnya. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar