Senin, 24 Juli 2017

RSUD SK Lerik layani 324 pasien gratis

Jumat, 14 Juli 2017 08:58

Foto sumber Moral Politik Foto sumber Moral Politik
Ayo berbagi!

RSUD SK Lerik Kota Kupang telah melayani sebanyak 324 pasien secara gratis memanfaatkan KTP elektronik, sebagaimana kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan Wali Kota Kupang Jonas Salean.

"Sejak 1 Mei hingga akhir Juni 2017, sebanyak 324 pasien yang terlayani gratis berbasis KTP elektronik. Manajemen akan terus siap melayani pasien terutama dari keluarga miskin," kata Direktur RSUD SK Lerik Kota Kupang, dr Marciana Halek, Jumat (14/7).

Dia mengatakan sebanyak 324 pasien dengan beragam penyakit itu ditangani oleh petugas medis dan para dokter secara profesional.

"Standar pelayanan yang kami berikan adalah layanan standar kelas satu dan sangat profesional," kata Maeciana.

Secara rinci, dia menyebutkan, sejak diberlakukan kebijakan pengobatan gratis menggunakan KTP elektronik pada 1 Mei 2017, rumah sakit bertipe C itu "diserbu" 142 pasien dan terus bertambah menjadi 182 pasien pada Juni 2017.

"Sedang untuk Juli 2017 masih terus berproses dan direkap oleh petugas. Namun berpotensi terus alami peningkatan layanan," katanya.

Layanan pengobatan gratis berbasis KTP elektronik itu diharapkan dimanfaatkan secara baik oleh warga di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, terutama keluarga-keluarga miskin yang sama sekali tidak terlayani oleh jaminan kesehatan nasional berupa BPJS Kesehatan dan KIS.

Selain di rumah sakit itu, lanjut dia, di sejumlah puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap juga menerima pasien yang menjalani pengobatan menggunakan KTP elektronik.

"Pada prinsipnya layanan kesehatan bagi masyarakat menjadi prioritas kami untuk kepentingan keberlanjutan kehidupan setiap warga di daerah ini," kata Marciana.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Ari Wijana mengatakan, ada sebanyak 38 ribu warga miskin Kota Kupang yang belum terlayani layanan kesehatan melalui jamkesmas dan BPJS Kesehatan, akan diintervensi layanan kesehatan gratis melalui program KTP Sehat.

Karena itu, Pemerintah Kota Kupang meluncurkan program layanan kesehatan gratis bagi warga hanya dengan KTP elektronik.

Sementara untuk anak-anak yang belum memiliki KTP, cukup hanya dengan menujuk kartu keluarga milik orang tuanya.

"Semua akan terlayani gratis mulai dari pemeriksaan, pelayanan medik dan pemberian obat untuk semua jenisnya, pembedahan dan rawat inap," kata Ari. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar