Sabtu, 18 November 2017

Ide Renovasi Dapur Murah dengan Budget Kurang dari Rp10 Juta

Jumat, 14 Juli 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/ide-renovasi-dapur-murah-dengan-budget-kurang-dari-rp10-juta courtesy https://www.cermati.com/artikel/ide-renovasi-dapur-murah-dengan-budget-kurang-dari-rp10-juta
Ayo berbagi!

Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang sering dikunjungi, biasanya sebagai aktivitas memasak ataupun bersantap makanan. Maka tak heran jika dapur di rumah sering kotor dan tampak tidak terawat, meskipun kita sebagai pemiliknya selalu berupaya agar dapur tetap tampil menawan. Jika sudah gerah ingin melihat tampilan baru di dapur, maka mungkin sekaranglah waktu yang tepat untuk melakukan renovasi dapur.

Dapur yang rapi dan terkesan bersih akan membuat anggota keluarga tidak hanya akan nyaman untuk memasak dan bersantap makanan di dapur, namun juga akan menurunkan minat anggota keluarga untuk jajan di luar. Hal ini tentu bagus, karena dengan tidak jajan di luar, maka uang tidak banyak keluar untuk membeli makan di luar.

Sayangnya, banyak diantara kita yang masih suka khawatir dengan budget yang diperlukan untuk merenovasi dapur. Banyak keluarga yang biasanya surut semangatnya terlebih dahulu jika ada rencana untuk merenovasi dapur. Bayang-bayang banyaknya uang yang harus dikeluarkan menjadi penghalang untuk merubah tampilan dapur menjadi lebih baik.

Baca Juga : 5 Tips Menata Ruangan untuk Apartemen Berukuran Kecil

Dengan Rp10 Juta, Bisa Mengganti Tampilan Dapur Jadi Lebih Menarik

Bagi yang ingin melakukan renovasi dapur, tidak harus menunggu dana besar untuk melakukannya. Hanya dengan modal kurang dari 10 juta, bisa mengganti tampilan dapur menjadi berbeda dan tentunya menjadi lebih baik. Berikut ini 5 tips cara renovasi dapur murah dengan budget di bawah Rp10 juta :

Baca Juga : Mau Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraan Biayanya

1. Warnai Kabinet dan Dinding dengan Cat Baru

mengecat dapur
Mengecat Dapur via shutterstock.com

Tips pertama untuk mengganti tampilan dapur rumah adalah dengan mengganti cat kabinet dan dinding dapur. Buatlah dinding dan kabinet menjadi lebih mengkilap dengan cat baru. Bisa juga menuangkan sisi kreatif dengan mengganti warna cat yang berbeda dari warna yang sebelumnya agar tidak jenuh.

Jika sudah menentukan warnanya, kemudian hitung berapa kira-kira budget yang dibutuhkan untuk mengecat semua bagian yang ingin di cat. Jika memang butuh banyak, maka sekalian saja beli yang emberan. Sebagai informasi, Sebagai patokan, harga cat Catylac ukuran 25 kg sebesar Rp 450-500 ribu, sedangkan ukuran 5 kg seharga 90 ribu rupiah.

2. Ganti Perkakas Lama

perkakas dapur
Perkakas Dapur via shutterstock.com

Apabila perkakas di dapur sudah usang dan terlalu lama dipakai, maka sebaiknya diganti saja. Selain lebih stylish, perkakas yang baru juga akan mempercantik tampilan di dapur. Misalnya wajan atau kompor gas yang sudah kusam, bisa diganti dengan yang baru meskipun memiliki banyak kenangan di dalamnya.

Kompor gas ataupun wajan murah namun berkualitas dengan tampilan yang lebih modern saat ini banyak terdapat di pasaran. Bisa datang ke supermarket-supermarket dan masuk ke area peralatan dapur untuk mendapatkan inspirasi model perkakas dapur yang modern dan futuristik. Jika jeli dan beruntung, mungkin saja mendapatkan diskon saat membeli produk perkakas dapur yang Anda inginkan.

3. Ganti Ubin Lama

lantai dapur
Lantai Dapur via shutterstock.com

Renovasi dapur tidak hanya bagian dinding, kabinet maupun perkakasnya, tetapi ubin juga perlu di perhatikan. Ubin di dapur yang sudah lama digunakan, biasanya terlihat kusam dan kotor, maka dari itu, mengganti ubin dengan warna dan model yang baru bisa dimasukkan ke dalam daftar renovasi. Ubin yang mengkilap dan motifnya yang berbeda akan membuat Anda kembali segar dan bersemangat setiap kali masuk ke area dapur.

Apabila bosan dengan ubin dari keramik, maka bisa mencoba alternatif dengan menggunakan ubin dari kayu. Sebagai informasi harga ubin parquet sekitar Rp150-200 ribu per m2, tinggal dikalikan saja dengan luas dapur di rumah.

4. Ganti Lampu Dapur dengan yang Baru

lampu dapur
Lampu Dapur via shutterstock.com

Tips lain dalam merenovasi dapur yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti lampu. Pada area dapur, meskipun penerangan bukanlah bagian yang utama, tapi dengan pemberian model lampu yang unik dan penempatan yang tidak biasa akan memberikan kesan dapur terlihat beda. Penggunaan lampu yang cantik bisa membuat gairah memasak kembali bergelora.

Anda bisa mencoba menggunakan lampu LED yang lebih hemat listrik dan pilihlah warna yang cocok dengan warna dinding dan kabinet di dapur Anda. Pastikan harganya tidak melebihi 1 juta rupiah. Jangan pilih lampu yang terlalu redup, semakin terang akan semakin enak dan mudah untuk membantu memasak makanan.

5. Mengatur Peralatan

mengatur peralatan dapur
Mengatur Peralatan via shutterstock.com

Satu hal lagi sebelum merenovasi dapur secara besar-besaran, bagian dari dapur yang  bisa diperbaiki adalah masalah pengaturan peralatan. Dapur akan tampak berantakan dan messy saat peralatan dapur tidak ditata dengan rapi dan dibiarkan bergeletakan di area dapur.

Tatalah peralatan dapur dengan rapi agar tampilan dapur menjadi lebih cantik dan sedap dipandang. Dengan peralatan dapur yang tertata rapi, sesi memasak pun akan semakin mudah, karena alat-alat yang diperlukan selalu berada di tempatnya.

Untuk mempercantik dapur, selain dengan menata kembali peralatan agar rapi, bisa juga menambah pernak-pernik dapur agar dapur tampak lebih hidup dan bercahaya. Misalnya, belilah cover untuk dispenser air atau tempat tissue yang cantik. Kemudian atur sedemikian rupa agar serasi dengan tampilan dapur.

Harga pernak-pernik pemanis dapur tidaklah mahal, dengan uang 500 ribu hingga 1 juta, sudah bisa mendapatkan berbagai pernik untuk membuat dapur tampak berbeda.

Untuk lebih praktis lagi, bisa mengikuti tips berikut ini:

Cara Praktis Mendapatkan Budget Renovasi Dapur

Bagi yang berencana melakukan renovasi dapur tapi belum ada dana, maka ada beberapa tips yang bisa membantu mendapatkan modal untuk renovasi dapur. Berikut 3 tips mudah untuk mendapatkan rincian biaya renovasi dapur.

  • Pasanglah Target lalu Menabunglah untuk Mendapatkan Dapur Impian. Tidak perlu buru-buru dalam melakukan renovasi dapur, terlebih jika dana yang diharapkan masih belum ada. Anda bisa memasang target terlebih dahulu, misalnya dalam waktu 6 bulan dapur sudah tampil lebih menawan. Kemudian cek apa saja bagian dapur yang perlu diganti. Lalu bisa juga melakukan survei harga terlebih dahulu tentang berbagai peralatan yang akan dibeli. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan harga yang lebih miring sekaligus akan tahu total biaya yang diperlukan. Misalnya targetnya 6 bulan, maka dalam 1 bulan wajib menyisihkan dana 1 juta.
  • Lakukan Renovasi Sedikit demi Sedikit, Tidak Perlu Langsung Total Keseluruhan. Misalnya saja, bulan ini mengganti cat dinding dan kabinet, bulan berikutnya mengganti ubin, lalu mengganti warna cat dinding. Aturlah sedemikian rupa, agar tetap nyaman dalam menggunakan dapur selama masa renovasi dilakukan.
  • Jika Terdesak, Meminjam ke Bank atau Teman. Apabila memang harus untuk melakukan renovasi, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman seperti kredit multiguna. Jika memiliki aset seperti BPKB sepeda motor, maka bisa manfaatkan untuk mengajukan pinjaman ke bank. Tentu saja jumlah yang dipinjam harus disesuaikan dengan rencana, jangan sampai pinjam lebih banyak, dan akhirnya harus membayar cicilan lebih banyak yang memberatkan di kemudian hari.

Dapur bisa jadi Profil Karakter Pemilik Rumah, Oleh Karena itu Rawatlah dengan Baik

Dapur, sama halnya dengan kamar tidur ataupun ruang tamu adalah tempat yang patut mendapatkan perhatian agar senantiasa memiliki tampilan yang cantik dan nyaman untuk digunakan. Dapur yang tidak terawat, dengan peralatan dapur yang tampak berserakan, membuat sesi memasak menjadi tidak nyaman, buntutnya bisa-bisa masakan menjadi kurang sedap karena buru-buru ingin meninggalkan dapur.

Apabila ruang dapur terlihat bersih, peralatan memasak tertata rapi dan memiliki tampilan yang cantik dan menawan, maka sesi memasak akan menjadi sesi yang menyenangkan, bukan tidak mungkin setiap masakan yang dibuat akan menjadi lebih sedap dan nikmat untuk disajikan dan disantap bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga.

Baca Juga : Ingin Beli Apartemen? Coba Fasilitas KPA

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar