Jumat, 28 Juli 2017

Gubernur Gorontalo yakinkan Menhub embarkasi haji penuh

Jumat, 14 Juli 2017 10:36

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie Gubernur Gorontalo Rusli Habibie
Ayo berbagi!

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie telah meyakinkan kepada Menteri Perhubungan terkait rencana penambahan panjang landasan pacu pesawat di Bandara Djalaluddin Gorontalo, agar bisa menjadi bandara embarkasi haji penuh.

"Banyak hal yang saya sampaikan ke Menteri Perhubungan, salah satunya adalah usulan penambahan panjang landasan pacu," kata Rusli, Jumat (14/7).

Menurutnya, pemerintah telah menyerahkan aset berupa hibah lahan dengan luas sekitar 81 Hektare (Ha) di areal bandara Djalaluddin, karena saat ini panjang landasan pacu sekitar 2.500 meter.

"Panjang landasan pacunya perlu ditambah sekitar 500 meter lagi, termasuk lebarnya sehingga berharap menjadi embarkasi haji penuh, termasuk lebarnya serta fasilitas lainya," ujarnya.

Terkait dengan hal itu, Gubernur menjelaskan bahwa kementerian perhubungan menyanggupi usulan tersebut, dimana saat ini sementara merevisi desain.

"Bagi kami pemerintah, persoalan lahan itu menjadi kewajiban daerah, selain itu juga telah dilakukan penyerahan aset lahan kepada TNI AU dengan luas sekitar 39 Ha, yang terletak disisi selatan landasan pacu," ia mengatakan.

Terkait dengan hal tersebut, pekerjaan tersebut baru akan dilaksanakan dan dimasukan dalam APBN 2018.

Selain itu Gubernur juga mengusulkan perbaikan atau pelebaran dermaga pelabuhan Anggrek untuk ditambah 100 meter, dan kelanjutan pembangunan bandara Pohuwato dengan anggaran kurang lebih Rp100 juta.

"Pemerintah berkeinginan menjadikan dermaga Anggrek tersebut pusat pelabuhan kontainer," imbuhnya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar