Jumat, 21 Juli 2017

Dinas Kesehatan Batanghari vaksin 131 calon haji

Jumat, 14 Juli 2017 10:43

Foto sumber Jurnal Haji Umroh Foto sumber Jurnal Haji Umroh
Ayo berbagi!

Dinas Kesehatan (Dinkes) Batanghari melakukan penyuntikan vaksin meningitis dan influenza kepada 131 calon haji asal daerah itu yang akan berangkat ke Tanah Suci.

"Khususnya kesehatan jadi prioritas. Para calon haji, kami vaksin meningitis dan influenza," kata Plt. Kepala Dinkes Batanghari Elfi Yennie di Muara Bulian, Jumat (14/7).

Pada tahap pertama, kata Elfi Yennie, untuk kesiapan kesehatan CJH dilakukan 6 bulan lalu, yakni pemeriksaan kesehatan di layanan kesehatan dasar (puskesmas); tahap kedua, pemberian vaksin miningitis dan influenza; tahap ketiga, pemeriksaan kesehatan akhir yang dilakukan di embarkasi.

Selain kesiapan calon haji, Dinkes juga menyiapkan beragam obat-obatan untuk persiapan selama melaksanakan ibadah haji. Satu Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) yang akan ikut dalam rombongan calon haji Batanghari. Seorang lagi TKHI juga berasal dari Batanghari.

Di samping memberi vaksin, pihaknya juga akan melakukan tes kebugaran untuk memantau mereka dengan risiko tinggi. Hasil pemeriksaan nanti akan menjadi bahan rekomendasi ke Kementerian Agama apakah yang bersangkutan bisa ikut atau tidak karena alasan kesehatan.

Ahyar, calon haji asal Muara Bulian, mengaku sudah menyiapkan segala keperluan selama di Tanah Suci.

Ia mengatakan bahwa dirinya mendaftar haji sejak 2009, dan baru berangkat pada tahun 2017.

Sementara itu, pemberian vaksin meningitis dan flu juga dilakukan bagi calon haji Kota Jambi yang digelar sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

"Kami berangkat dalam kloter dua, Agustus mendatang. Namun, vaksin dilakukan pada hari ini," kata calon haji itu di Kota Jambi. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar