Sabtu, 18 November 2017

Ketua MPR: Ini 3 syarat menjadi negara maju

Jumat, 14 Juli 2017 21:54

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan
Ayo berbagi!

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan terdapat tiga syarat penting untuk menjadi bangsa yang maju di tingkat global.

"Pertama bangsa itu harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kalau itu harus, maka pendidikan harus yang benar," katanya dalam acara Penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Pendidikan Masyarakat Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional di Bengkulu, Jumat (14/7).

Ia mengatakan pendidikan harus mengarah pada efisiensi dan produktivitas. Tanpa efisiensi dan produktivitas maka dipastikan akan kalah dalam kompetisi global.

Kedua, menurut dia, suatu bangsa akan maju bila ada rasa kepercayaan. Rasa kepercayaan itu akan muncul kalau pemimpinnya menerbitkan kebijakan yang adil untuk semua. "Kalau hanya untuk kelompok yang ada 'distrust', ketidakpercayaan," katanya.

Ketiga, bangsa besar dan maju bila memiliki nilai-nilai dan karakter. Untuk itu, nilai-nilai dan karakter dibangun sejak dini. "Karena penting sekali guru-guru PAUD meletakan dasar-dasar pada usia emas," katanya.

Ia menambahkan Indonesia telah memiliki nilai-nilai dan karakter bangsa yaitu Pancasila. Untuk itu penguatan pendidikan karakter saat ini dibutuhkan untuk membentengi ideologi yang tidak sesuai.

Sementara dalam Acara yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhajir Effendy, Plt Gubernur Bengkulu, Forkompimda Provinsi Bengkulu dan sekitar 1.400 peserta guru dan Tenaga Pendidikan PAUD seluruh Indonesia tersebut, Ketua MPR menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar