Jumat, 22 September 2017

Lagi dirancang kursi tidur untuk kereta jarak jauh

Jumat, 14 Juli 2017 18:34

Ilustrasi. Foto: Ist Ilustrasi. Foto: Ist
Ayo berbagi!

Pt Kereta Api Indonesia akan merancang kursi yang bisa digunakan untuk tidur oleh penumpang kereta api jarak jauh, kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dalam konferensi pers di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (14/7).

"Kita akan mencoba untuk memesan ke (PT) Inka, jadi kursinya bisa diubah tidur, seperti kelas bisnis di pesawat, kalau peminat banyak kita akan tambah," kata dia.

Edi menjelaskan rancangan ini akan diujicoba dulu sekitar 30-40 kursi KA eksekutif jarak jauh untuk rute-rute utama, seperti Surabaya dan Yogyakarta.

Kebutuhan masyarakat semakin meningkat, terutama dalam hal kenyamanan, membuat pelayanan juga dituntut lebih baik. "Jadi nanti penumpang bisa istirahat, ketika sampai bisa langsung bekerja," kata Edi.

Edi juga menyatakan PT KAI tengah menjajaki pembelian kereta kecepatan menengah (middle speed) berkecepatan maksimal 160 km per jam, namun kecepatan operasi hanya dibatasi sekitar 110 kilometer per jam mengingat masih banyak perlintasan sebidang.

Edi mengatakan setiap tahun, KAI menambah tiga rangkaian kereta sebagai peremajaan dan ini harus didukung dengan prasarana memadai karena saat ini ketergunaanya sudah padat, ditambah masih menyatu dengan kereta rel listrik (KRL).

"Untuk itu kita terus menunggu pengerjaan jalur double double track karena jalur yang sekarang sudah jenuh, sarana sudah tidak bisa ditambah lagi," kata Edi.

Mengenai kereta premium, Direktur Komersial dan Teknologi Informasi Kuncoro Wibowo mengatakan tengah dipesan 438 kereta hingga akhir tahun ini secara bertahap.

"Kita sudah pesan sama Inka dan akan dikirim sampai akhir tahun, opini masyarakat sangat bagus terhadap kereta premium ini," kata Kuncoro seraya menyatakan tarif kereta premium tidak berubah dan masih mengikuti batas bawah-atas dari pemerintah.(Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar