Jumat, 22 September 2017

Rupiah Jumat sore melemah tipis ke Rp13.344

Jumat, 14 Juli 2017 17:44

Ayo berbagi!

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore, bergerak melemah tipis sebesar delapan poin menjadi Rp13.344 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.336 per dolar Amerika Serikat (AS).

"Dolar AS menguat merespon data klaim pengangguran Amerika Serikat yang menurun," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat (14/7).

Kendati demikian, lanjut Ariston, penguatan dolar AS itu relatif terbatas menyusul pernyataan Ketua Bank Sentral AS atau The Fed Janet Yellen yang tidak begitu yakin untuk menaikkan suku bunga acuannya dalam waktu dekat. Janet Yellen menyatakan kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat akan melihat data ekonomi yang mendukung.

"Kondisi itu membuat investor masih masuk ke sejumlah aset di negara berkembang seperti Indonesia, sehingga pelemahan mata uang domestik cenderung tipis," katanya.

Ariston menambahkan bahwa harga minyak mentah dunia yang memiliki peluang menguat seiring dengan adanya laporan kenaikan permintaan global turut menjadi salah satu faktor yang menahan laju dolar AS.

Sementara itu terpantau harga minyak jenis WTI Crude menguat 0,59 persen menjadi 46,35 dolar AS per barel, dan Brent Crude naik 0,58 persen menjadi 48,70 dolar AS per barel.

Sementara itu,ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menambahkan bahwa sentimen positif dari dalam negeri menjaga stabilitas fluktuasi mata uang rupiah terhadap dolar AS. Sentimen positif dari angka defisit APBN semester pertama 2017 terhadap PDB yang hanya 1,29 persen direspon positif pelaku pasar.

Di siis lain, lanjut Rangga, Bank Indonesia yang optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi pada semester kedua 2017 yang mencapai 5,3 persen, akan membuka ruang penguatan rupiah terhadap dolar AS ke depannya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat ini (14/7) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.347 dibandingkan hari sebelumnya (Kamis, 13/7) Rp13.342 per dolar AS. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar