Senin, 20 November 2017

Peserta KB antusias ikut TMKK Kodim 0508 di Cimanggis

Jumat, 14 Juli 2017 20:35

Foto: Hendrik Raseukiy Foto: Hendrik Raseukiy
Ayo berbagi!

Gelaran TNI Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan (TMKK) dilangsungkan Kodim 0508 Jaya di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Dandim 0508 Letkol Inf Slamet Supriyanto kepada Kontributor Elshinta, Hendrik I Raseukiy, Jumat (14/7) mengatakan, TMKK bentuk kepedulian teritorial program sosial TNI menekan laju pertumbuhan penduduk dan menjaga keluarga Indonesia berkualitas.

"Selain tugas pokok di bidang ketahanan negara dari acaman musuh, tak kalah pentingnya adalah menciptakan rakyat Indonesia yang berkualitas. Jadi, program keluarga berencana adalah bentuk ketahanan negara juga supaya penduduk Indonesia sejahtera dan berkualitas," sebutnya.

Hal yang melatarbelakangi penyelenggaraan KB-Kesehatan ialah implementasi 8 wajib TNI yang mempunyai tujuan meningkatkan peran serta kepedulian masyarakat untuk ber KB.

Selain pelayanan kontrasepsi gratis, juga dilakukan pengobatan dan pembagian bahan makanan pokok secara cuma-cuma TMKK ini dengan menggandeng unit pelaksanan teknis (UPT) Kesehatan Dinkes Kota Depok. Sekitar seratusan warga antusias mengikuti TMKK ini.

Danramil 06-Cimanggis Mayor Inf Hari Sistiyono mengatakan, giat ini bersinergi dan membantu program pemerintah Badan Pembinaan Potensi Keluarga Berencana (BPPKB) dalam mencapai percepatan target KB.

"Sedangkan pokok-pokok kegiatan KB itu sendiri, diantaranya peningkatan kwalitas layan dan cakupan KB, peningkatan kemantapan ber KB yang menjadi peserta aktif, sehingga dapat membatasi angka kelahiran," ujarnya.

Tingginya partisipasi masyarakat saat ini, menandakan kebersamaan antara TNI dengan segenap komponen bangsa semakin terbina.

Pada kesempatan yang sama Camat Cimanggis, Henry Mahawan mengatakan, penduduk adalah asset yang penting bagi bangsa yang sangat menentukan maju-mundurnya suatu bangsa. Oleh sebab itu aspek kualitas dan kuantitas penduduk harus menjadi perhatian pemerintah baik daerah maupun pusat.

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menyadari bahwa program KB sangat baik dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dengan mengatur jarak kelahiran, memenuhi kebutuhan pangan, kesehatan dan pendidikan anak sehingga terlahir anak-anak bangsa yang berkualitas," tukasnya.

"Syukur ada kegiatan kayak gini, saya jadi ikut pasang KB lagi ni. Kemarin sempat lepas. Nanti selanjutnya saya lanjutin pemeriksaan kontrasepsi di puskesmas," ujar salah seorang warga peserta TMKK, Yati (34).

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar