Jumat, 28 Juli 2017

Wagub Sumut ajak 7 Kabupaten se-kawasan Danau Toba tindak lanjuti rekomendasi UNESCO

Jumat, 14 Juli 2017 21:02

Foto: Heru Rahmad Kurnia Foto: Heru Rahmad Kurnia
Ayo berbagi!

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Hj Nurhajizah Marpaung mengajak tujuh kabupaten se-kawasan Danau Toba untuk segera menindak lanjuti lima rekomendasi yang dikeluarkan UNESCO terkait usulan Geopark Kaldera Toba.

Hal ini disampaikan Wagub Sumut, Hj Nurhajizah Marpaung saat memimpin rapat Koordinasi Tindak Lanjut lima rekomendasi Unesco terkait usulan Geopark Kaldera Toba di Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba di Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Jumat (14/7).

Dalam rapat tersebut, Hj Nurhajizah menyampaikan bahwa untuk percepatan tindak lanjut lima rekomendasi UNESCO Geopark Kaldera Toba tersebut diperlukan kerja keras dan sungguh-sungguh serta kerja bersama-sama tujuh kabupaten se-kawasan Danau Toba, untuk mewujudkan kawasan Danau Toba menjadi Geopark Global Network UNESCO.

"Bekerja dengan hati, sungguh-sungguh dan kompak, saya yakin Kaldera Toba akan terwujud sesuai yang kita cita-citakan," ujar Wagub Sumut, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia.

Danau Toba menurut Hj Nurhajizah, semestinya layak dan harus menjadi salah satu destinasi unggulan yang harus dikunjungi dunia karena kemasyuran, keunikan, dan potensinya.

"Tidak ada kata tidak, kita harus sama-sama kita kembangkan," tegasnya.

Dengan diakuinya Kaldera Toba menjadi Geopark Global, kata Hj Nurhajizah, banyak manfaat yang akan diraih. Diantaranya perhatian dunia terhadap konservasi Danau Toba yang akan menjaga kelestarian ekosistem danau Toba.

Selain itu, sebut Hj Nurhajizah, nantinya akan menjadi salah satu sumber penghidupan, terkhusus bagi masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba dan juga dapat mengangkat perekonomian daerah.

"Marilah kita bersama-sama menjaga, melestarikannya selama-lamanya secara turun-temurun," katanya.

Hadir pada rapat tersebut mewakili Bupati Samosir, mewakili Bupati Dairi dan mewakili Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Forkopimda Kabupaten Samosir, SKPD terkait dari ketiga kabupaten tersebut dan dari Badan Pengelolaan Geopark Kaldera Toba.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar