Minggu, 24 September 2017

Ekspor dan Impor Tiongkok Bertumbuh Kuat pada Paruh Pertama Tahun 2017

Jumat, 14 Juli 2017 21:30

Ayo berbagi!

Menurut data statistik terbaru yang diumumkan oleh Biro Umum Pabean Tiongkok pada hari Kamis kemarin (13/7), pada paruh pertama tahun ini, volume total ekspor dan impor perdagangan barang Tiongkok adalah 13,14 triliun yuan dan meningkat 19,6 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, yang merupakan laju pertumbuhan terbesar sejak paruh kedua tahun 2011.

Mengenai penyebab pertumbuhan perdagangan impor dan ekspor paruh tahun pertama tahun ini, Jubir Biro Umum Pabean Tiongkok, Huang Songping menyebutkan bahwa faktor-faktor seperti meningkatnya permintaan, kenaikan harga, efek kebijakan, angka dasar yang rendah dan faktor-faktor lainnyalah yang mendorong perdagangan luar negri terus membaik dan stabil pada paruh pertama tahun ini.

Data statistik menunjukkan, pada paruh pertama tahun ini, ekspor dan impor perdagangan barang Tiongkok terus meningkat dalam dua digit. Di antaranya ekspor sebesar 7,21 triliun yuan yang meningkat sebanyak 15 persen, dan impor sebesar 5,93 triliun yuan yang meningkat sebanyak 25,7 persen. Surplus perdagangan pada paruh pertama tahun 2017 adalah sebesar 1,28 triliun yuan, dan menurun sebesar 17,7 persen.

Huang Songping berpendapat, di samping meningkatnya volume perdagangan impor dan ekspor, strukturnya juga terus beroptimasi, mutu dan hasilnya juga terus meningkat. Diantaranya, ekspor dan impor Tiongkok terhadap negara-negara ASEAN meningkat sebanyak 21,9 persen.

Dilihat dari data statistik pada triwulan kedua, volume impor dan ekspor Tiongkok telah mengalami pertumbuhan dua digit baik dibanding periode yang sama di tahun lalu maupun triwulan pertama tahun ini. Huang Songping berpendapat, hal ini berarti tren perkembangan perbaikan perdagangan luar negeri Tiongkok tahun ini akan terus berlanjut. Meneropong prospeknya pada paruh kedua tahun ini, perdagangan Tiongkok masih mempunyai banyak peluang yang menguntungkan, misalnya perekonomian dunia yang perlahan-lahan pulih, penggerak baru yang terus bertambah dan pembukaan pasar New Emerging Market yang memiliki potensi sangat besar. Ia juga memprakirakan bahwa impor dan ekspor pada paruh kedua tahun ini akan tetap bertumbuh positif.

Menurut keterangan, pada masa depan, Tiongkok akan mengutamakan pembinaan di bidang teknologi, merek dagang, kualitas produk serta jasa dan layanan sebagai inti keunggulan baru persaingan perdagangan luar negeri, serta terus meningkatkan kualitas dan efisiensi perkembangan perdagangan luar negeri untuk mewujudkan perdagangan luar negri yang berkembang sehat dan berkelanjutan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar