Jumat, 21 Juli 2017

Kemenlu: Kontak Ekonomi Dengan Korut Tak Melanggar Resolusi DK

Jumat, 14 Juli 2017 22:30

Ayo berbagi!

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang dalam konferensi pers kemarin (13/7) di Beijing menyatakan, sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara (Korut) yang berlaku sekarang bukan sanksi ekonomi sepenuhnya, kontak ekonomi dan perdagangan Tiongkok dengan Korut tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Menurut data yang diumumkan oleh Bea Cukai Tiongkok kemarin, pada paro pertama tahun ini, nilai total impor dan ekspor Tiongkok terhadap Korut mencapai US$ 2,5 miliar, naik 10,5% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Juru bicara tersebut mengatakan, sebagai negara tetangga, Tiongkok memelihara kontak ekonomi dan perdagangan normal dengan Korut. Resolusi Dewan Keamanan No.2321 menetapkan, yang tidak terpengaruh oleh sanksi termasuk besi dan tambang besi yang diekspor ke Korut untuk tujuan kehidupan rakyat dan tidak berkaitan dengan program rudal nuklir. Pendirian pihak Tiongkok yang berupaya mendorong denuklirisasi Semenanjung Korea adalah jelas dan tegas. Pihak Tiongkok selalu dengan ketat melaksanakan resolusi Dewan Keamanan PBB. Berbagai pihak diharapkan mengetahui bahwa sanksi yang diterapkan oleh Dewan Keamanan terhadap Korut bukanlah sanksi ekonomi keseluruhan, kontak ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan Korut tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar