Sabtu, 18 November 2017

Pemimpin ISIS di Afghanistan tewas menurut Pentagon

Sabtu, 15 Juli 2017 12:55

Menteri Pertahanan Amerika Serikat James (Jim) Mattis. (Reuters) Foto sumber Antara Menteri Pertahanan Amerika Serikat James (Jim) Mattis. (Reuters) Foto sumber Antara
Ayo berbagi!

Pemimpin ISIS di Afghanistan, Abu Sayed, tewas dalam serangan terhadap markas kelompok itu di Provinsi Kunar awal pekan ini, kata Markas Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) pada Jumat waktu setempat.

Juru bicara Pentagon Dana White mengatakan dalam pernyataan bahwa anggota lain ISIS juga tewas dalam serangan pada Selasa itu.

"Yang terpenting adalah Anda telah membunuh salah satu pemimpin kelompok tersebut dan itu membuat mereka terpukul mundur... jelas kemenangan di pihak kita dalam hal memukul mundur mereka. Itu adalah arah tepat," kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Sayed adalah pemimpin ISIS di Afghanistan ketiga yang tewas sejak Juli 2016.

Bekas pemimpin kelompok itu, Abdul Hasib, tewas dalam operasi gabungan Amerika Serikat dan Afghanistan pada 27 April di Provinsi Nangarhar. Pendahulu Hasib, Hafiz Saeed Khan tewas dalam serangan pesawat nirawak Amerika Serikat pada 2016.

Pasukan Afghanistan, yang didukung oleh armada pesawat tempur serta pasukan khusus Amerika Serikat, telah memerangi para petempur terkait ISIS di Afghanistan timur selama bertahun-tahun.

Kelompok petempur setempat yang terkait dengan kelompok ISIS, juga dikenal sebagai ISIS Khorasan (ISIS-K), telah aktif beroperasi sejak 2015 dalam memerangi pasukan Taliban dan Afghanistan serta AS.

Jenderal John Nicholson, komandan tertinggi Amerika Serikat di Afghanistan, berjanji mengalahkan ISIS di sana tahun ini. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar