Senin, 24 Juli 2017

Anugerah Kusala Swadaya di HUT ke-50 yayasan Bina Swadaya

Sabtu, 15 Juli 2017 06:06

Foto sumber cakrawalanews.co.id Foto sumber cakrawalanews.co.id
Ayo berbagi!

Bina Swadaya telah empat kali memberikan penghargaan kepada para pelaku kewirausahaan sosial dengan berbagai kriteria tertentu sejak tahun 2007 lalu.

Malam penganugerahan Kusala Swadaya sekaligus puncak perayaan HUT ke-50 Bina Swadaya diselenggarakan  Jumat, di Auditorium Binakarna, Hotel Bidakara Grand Pacoran, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (14/7).

Ketua Pengurus Yayasan Bina Swadaya, Prof. Paulus Wirutomo mengungkapkan sebagai lembaga kewirausahaan sosial, Bina Swadaya terus membangun dan mengembangkan kualitas hidup masyarakat melalui pendampingan, pengembangan serta pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan.

"Kita ini sekarang sedang memasuki dunia yang baru, kita, walaupun umurnya paling tua sebagai LSM tetapi sekarang kita sudah masuk ke suatu kancah dunia yang modern," kata Paulus.

Sebagai lembaga pemberdayaan ditengah era modern, Paulus Wirutomo menekankan pendampingan adalah kata kunci yang harus terus dilakukan karena merupakan ciri khas Bina Swadaya.

"Saya kira tidak cukup memberikan kepada masyarakat baik berupa latihan, atau meminjamkan uang, tetapi pendampingan juga tetap penting. Jadi kita harus bertanya pada diri kita sendiri apakah kita sudah melakukan pendampingan dalam berbagai macam cara," katanya.

Selain pendampingan, organisasi juga merupakan kata kunci yang menarik. Organisasi dibutuhkan untuk keluar dari keterpurukan, "Jadi kita ini memang suatu lembaga yang menswadayakan masyarakat dengan membantu mereka berorganisasi," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Yayasan Bina Swadaya, Rafi Paramawati mengatakan menginjak pada usianya ke-50 tahun, Bina Swadaya terus melangkah dijaman yang cepat ini agar tidak tenggelam di era modern. Beberapa langkah strategis seperti perkuat brand melalui media online menjadi salah satu langkah baik diantara segudang langkah lainnya.

"Bina Swadaya bersama gugus kegiatan terus mengudara agar dapat menggapai impian lebih tinggi. Dengan jaman yang berubah cepat, mengikuti perkembangan teknologi terus digenjot agar Bina Swadaya Grup tidak ketinggalan jaman,"ungkapnya.

Pada kesempatan ini Bina Swadaya meluncurkan sebuah buku perjalanan hidup lembaga swadaya masyarakat yang kini keberadaannya sudah menginjak tahun ke-50. Buku yang berjudul Palugada: Hajat Setengah Abad Bina Swadaya ini ditulis oleh Eka Budianta, sosok yang juga pernah menjadi keluarga besar Bina Swadaya.

Dalam acara ini dihadiri Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat yang mewakili Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar