Sabtu, 18 November 2017

Banjir bandang terjang Pulau Belitung, ratusan rumah terendam

Senin, 17 Juli 2017 01:10

Ilustrasi. Foto: elshinta.com Ilustrasi. Foto: elshinta.com
Ayo berbagi!

Banjir bandang melanda Pulau Belitung yang merendam sejumlah desa di dua kabupaten, yaitu Belitung dan Belitung Timur, Minggu (16/7).

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Satpol PP Belitung, Abdul Sani mengatakan, hingga Minggu malam ratusan rumah warga terendam banjir.

Ia menyebut, banjir terjadi karena intensitas hujan cukup tinggi sepanjang Sabtu hingga Minggu, sehingga sejumlah rumah terendam dan beberapa ruas jalan tenggelam dan putus.

"Hingga sekarang kami terus berada di lapangan mengevakuasi dan menyalurkan bantuan darurat, sekaligus mendata rumah yang terdampak banjir," ujarnya.

Banjir skala besar juga melanda Kabupaten Belitung Timur, bahkan hingga Minggu malam dilaporkan akses menuju kabupaten itu putus total.

Sandi, seorang warga setempat melalui komunikasi WhatsApp mengatakan,praktis seluruh kecamatan di Belitung Timur dilanda banjir yang merendam ribuan unit rumah penduduk.

"Akses transportasi terputus total karena sejumlah ruas jalan putus, jaringan listrik juga padam. Saya belum pernah melihat banjir separah ini di Belitung Timur," katanya.

Ia mengatakan, Pasar Gantung, Kecamatan Manggar, terendam banjir hingga mencapai sekitar satu meter sehingga aktivitas niaga lumpuh total.

"Sebagian pedagang atau pemilik toko berupaya menyelamatkan barang dagangannya dengan menggunakan perahu dan dipindahkan ke lantai dua bagi pedagang yang punya toko bertingkat," ujarnya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar