Sabtu, 18 November 2017

8 Langkah Hemat untuk Menyiapkan Pernikahan Hanya Dalam 3 Bulan

Selasa, 18 Juli 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/8-langkah-hemat-untuk-menyiapkan-pernikahan-hanya-dalam-3-bulan courtesy https://www.cermati.com/artikel/8-langkah-hemat-untuk-menyiapkan-pernikahan-hanya-dalam-3-bulan
Ayo berbagi!

Pernikahan akan menjadi sebuah momen yang sangat spesial bagi setiap orang yang menjalaninya, inilah alasan mengapa hampir setiap orang menginginkan gelaran ini berjalan dengan sempurna. Harus berkesan dan menjadi sesuatu yang istimewa, kira-kira beginilah harapan setiap calon pengantin yang akan segera melangsungkan pernikahan mereka.

Tidak biasa dan istimewa, ini tentu akan identik dengan sejumlah dana yang juga tidak sedikit. Lalu, bagaimana jika ternyata hanya memiliki dana dan juga waktu yang terbatas untuk mempersiapkan segala sesuatunya?

Persiapan yang singkat untuk menggelar pernikahan mungkin tidak akan bisa dilakukan dengan mudah oleh setiap orang, terutama bagi mereka yang selalu menginginkan segala sesuatunya begitu istimewa. Namun jika diupayakan dengan langkah yang tepat sejak awal, maka waktu yang singkat dan sejumlah dana yang terbatas bukanlah sebuah masalah yang besar, sebab Anda bahkan dapat mempersiapkan pernikahan dalam waktu 3 bulan saja.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bahkan dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan cara yang hemat, sehingga biaya pernikahan dapat ditekan dengan efektif. Sejumlah kebutuhan lainnya setelah pernikahan nanti tentu akan membutuhkan dana juga, sehingga tidak ada salahnya jika menggelar sebuah pernikahan yang hemat dan sederhana saja.

Simak 8 langkah hemat berikut ini, yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan pernikahan Anda dalam 3 bulan saja:

1. Daftarkan dan Lengkapi Berkas Pernikahan

dokumen pernikahan
Dokumen Pernikahan via shutterstock.com

Pernikahan tentu akan membutuhkan sejumlah persyaratan dan juga wajib melakukan pendaftaran pernikahan di KUA, maka lakukan hal ini sebagai langkah awal dalam rencana pernikahan. Siapkan semua persyaratan yang Anda butuhkan untuk proses ini, lalu lakukan pendaftaran pernikahan ke KUA terdekat bersama pasangan.

2. Pastikan Jumlah Undangan

Jumlah undangan akan sangat mempengaruhi jumlah uang yang keluar dalam acara pernikahan ini, jadi wajib dipertimbangkan dengan baik sejak awal. Undangan yang banyak juga akan berbanding lurus dengan biaya katering, souvenir, dan bahkan gedung yang akan disewa dan gunakan nanti, sehingga Anda harus benar-benar memperhitungkannya dengan sangat matang.

Jika ingin berhemat, maka membatasi jumlah undangan yang datang adalah langkah yang paling tepat. Pilih dan undang hanya teman-taman dekat saja bersama dengan keluarga lainnya, agar biaya pernikahan dapat ditekan dengan baik.

Baca Juga : Sebelum Nikah, Bahas 7 Hal Ini dengan Pasangan

3. Pilih Tempat Pernikahan yang Sesuai

lokasi pernikahan
Lokasi Pernikahan via shutterstock.com

Anda juga harus bisa menemukan sebuah tempat yang tepat untuk menggelar pernikahan. Semakin cepat mendapatkan tempat, maka semakin baik dan hemat biaya yang dikeluarkan. Sesuaikan kapasitas tempat ini dengan jumlah tamu yang akan diundang bersama pasangan nanti, agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Jika ingin lebih hemat, lakukan pernikahan di rumah Anda atau pasangan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, apalagi jika ternyata kondisi rumah memang memadai untuk hal ini.

4. Gunakan Jasa Katering yang Tepat

Pilih layanan katering yang tepat, tentunya dengan rasa yang enak dan biaya yang juga tidak terlalu mahal. Tidak harus selalu menggunakan jasa katering besar dan sudah terkenal, sebab ini biasanya akan identik dengan harga yang mahal.

Anda dan pasangan bisa meminta rekomendasi katering ini dari kerabat atau bahkan teman-teman yang telah melangsungkan pernikahan sebelum Anda, sehingga tidak akan kecewa dengan rasa makanan yang mereka sajikan nanti.

5. Pilih Undangan yang Sesuai dengan Budget

undangan pernikahan
Undangan Pernikahan via shutterstock.com

Tidak perlu membuang-buang sejumlah dana yang besar, untuk sekedar mencetak undangan mewah dan mahal. Undangan hanya akan menumpang lewat saja dan bahkan setelahnya tidak akan terpakai sama sekali, jadi upayakan untuk memilih yang sederhana saja.

Pilihlah undangan yang tidak terlalu mahal, sebab Anda bahkan bisa menemukan banyak undangan menarik yang ditawarkan dengan harga murah di luar sana. Jadi, untuk apa memboroskan banyak uang untuk kebutuhan yang satu ini?

6. Gunakan Jasa dari Vendor yang Sama untuk Kebutuhan Pernikahan

Dekorasi, tata rias dan busana pengantin adalah sejumlah kebutuhan yang akan menelan biaya yang cukup besar, sehingga Anda perlu untuk menangani ini dengan sebaik mungkin. Gunakan jasa dari vendor yang sama untuk semua kebutuhan ini, sehingga bisa mendapatkan harga yang paling hemat dari mereka.

Ini akan jauh lebih baik, sebab Anda bisa mengurus segala sesuatunya sekaligus bersama vendor yang sama dan tidak perlu membuang-buang waktu dan biaya yang besar untuk mengurus ketiga hal tersebut dari vendor yang berbeda-beda. Hemat waktu, tenaga dan biaya pernikahan, sebab Anda hanya memiliki waktu yang singkat untuk mempersiapkan pernikahan ini.

Baca Juga : Ini Dia Syarat Mengurus Pernikahan WNI dan WNA

7. Manfaatkan Bantuan Teman dan Kerabat

teman dekat
Teman dan Kerabat via shuttestock.com

MC, hiburan dan juga fotografi adalah hal yang wajib dalam sebuah pernikahan, sehingga Anda tetap harus mengupayakan ketiga hal ini dengan baik. Namun jika ingin berhemat, maka bisa menggunakan jasa teman-teman, kerabat atau bahkan kolega yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan acara nanti.

Hubungi mereka sejak awal dan bicarakan tentang hal ini, termasuk dengan sejumlah dana yang dianggarkan untuk kebutuhan tersebut, sehingga mereka dapat mengerti dan mempersiapkan diri dengan baik untuk acara nanti.

8. Temukan Souvenir yang Paling Tepat

Selain berbagai kebutuhan pesta, souvenir tentu menjadi hal yang tidak akan Anda lewatkan di dalam pernikahan Anda, bukan?

Tidak perlu memesan souvenir mahal dan mewah, apalagi jika hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas untuk kebutuhan yang satu ini. Saat ini, ada banyak jenis souvenir unik dan menarik yang bisa dijadikan sebagai pilihan, termasuk yang harganya paling murah sekalipun akan tersedia di pasaran. Cari dan temukan souvenir yang paling tepat, tentunya dengan harga yang juga sesuai dan hemat.

Terencana dan Tidak Terburu-buru

Meski hanya memiliki waktu selama 3 bulan saja untuk mempersiapkan pernikahan, namun Anda tetap bisa mengupayakan semua yang terbaik untuk acara pernikahan tersebut.

Siapkan segala sesuatunya dengan terencana, sehingga acara ini akan berjalan dengan baik dan lancar. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dana yang dimiliki dengan cermat, agar pernikahan hemat dapat terlaksana sesuai dengan harapan bersama pasangan.

Baca Juga : Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar