Selasa, 26 September 2017

Sultan Hamengku Buwono X ajak masyarakat pelihara lingkungan hidup

Minggu, 23 Juli 2017 17:54

Sultan Hamengku Buwono X Sultan Hamengku Buwono X
Ayo berbagi!

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengajak seluruh masyarakat di kabupaten/kota provinsi setempat untuk memelihara lingkungan hidup dengan sebaik-baiknya.

"Saya menyampaikan ajakan dan harapan kepada semua dan juga seluruh masyarakat DIY untuk bisa bersama-sama memelihara lingkungan hidup kita dengan sebaik-baiknya," kata Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Riyadi Subali, di Bantul, Minggu (23/7).

Gubernur DIY pada puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup tingkat DIY 2017 di depan Pasar Bantul, dalam sambutan yang dibacakan, mengatakan bahwa Hari Lingkungan Hidup Sedunia dideklarasikan pada 5 Juni 1972 atau 45 tahun silam.

Meski 45 tahun telah berlalu namun, kata dia, kondisi lingkungan hidup dunia belum juga baik, termasuk Indonesia, sehingga perlunya bagi semua pihak untuk bersama memelihara lingkungan dengan sebaik-baiknya dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Pelibatan masyarakat dan swasta serta pemerintah menjadi aspek penting, pemerintah perlu keluarkan program yang pro-lingkungan, sementara swasta perlu juga menyadari pentingnya pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan," katanya.

Gubernur mengharapkan masyarakat selalu melakukan aksi-aksi yang ramah lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya, menanam dan memelihara pohon termasuk menggunakan energi secara bijak dan sebagainya.

"Di sisi lain pemerintah dapat menyampaikan program capaian dan kondisi lingkungan hidup terkini kepada masyarakat, sedangkan pihak swasta menyampaikan capaian mereka didalam manfaatkan sumber daya alam yang berkelanjutan," katanya.

Gubernur DIY melanjutkan, kemudian masyarakat juga menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan mereka dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Pertemuan ketiga pelaku lingkungan itu akan jadi ajang masyarakat peroleh informasi yang tepat dan benar, sehingga menjadi bahan edukasi untuk lebih mendorong ke arah cinta dan peduli terhadap lingkungan hidup," katanya.

Menurut dia, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 yang puncaknya di DIY dilaksanakan dengan kegiatan hari tanpa kendaraan bermotor di Jalan Jenderal Sudirman Bantul ini mengambil tema connecting people to nature atau kehidupan manusia berhubungan dengan alam.

"Dengan tema ini kita diingatkan betapa setiap penduduk di dunia sangat bergantung pada alam, dengan tema ini pula kita dapat menemukan cara yang menyenangkan dalam hubungan sesama manusia dengan alam," katanya. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar