Sabtu, 24 Februari 2018

Jelang PSU, Polres Jayapura Bimtek anggotanya

Rabu, 02 Agustus 2017 19:35

Foto: Aman Hasibuan Foto: Aman Hasibuan
Ayo berbagi!

Polres Jayapura, Papua melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada personel Polres Jayapura dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Bupati Jayapura pada 9 Agustus 2017 mendatang, yang bertempat di Aula Obhe Reay May Mapolres Jayapura, Selasa (2/8).

Bimtek tersebut dihadiri oleh Kapolres Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas, Wakapolres Jayapura, Kompol Iip Syarif Hidayat, dan jajaran Polres Jayapura serta para personel Polres Jayapura sebanyak 270 personel.

Dalam Bimtek tersebut dilakukan peragaan simulasi pengamanan TPS dan penjelasan pengamanan, serta cara bertindak di lapangan pada saat pengamanan TPS kepada seluruh personel Polres Jayapura yang di bawakan oleh Kabag Ops Res Jayapura, AKP Roberth Hitipieuw. 

“Untuk agenda PSU sebagaimana hasil rapat koordinasi dengan KPU bahwa Polres Jayapura tetap mengikuti jadwal yang di keluarkan KPU Provinsi Papua sebagai penyelenggara, sementara tanggal 9 Agustus 2017 yang direncanakan tetapi dalam minggu ini apabila ada perubahan kita tentunya harus menyesuaikan sesuai keputusan KPU Provinsi," kata Kapolres Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas kepada Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.

Dijelaskan juga untuk Polsek-polsek ada personel yang disprinkan untuk menjemput logistik di KPU bersama-sama dengan pers yang akan memback up dari personel Polres Jayapura ke TPS, dari PPD sampai ke TPS dan begitu juga sebaliknya, yang akan di PSU sebanyak 229 TPS dari jumlah keseluruhan yang lalu sebanyak 348 TPS, jadi ada 119 TPS yang tidak perlu di ulang, tetapi 119 TPS ini belum di plenokan dan ditetapkan.

Kata Kapolres, bahwa sesuai dengan pelaksanaan pleno terdahulu pada bulan Februari lalu di salah satu hotel di Sentani itu baru dua distrik, yaitu Kaureh dan Namblong dan total dua distrik itu 40 TPS yang sudah dipleno, tetapi belum ditetapkan.

"Mengenai kapan tanggal pelaksanaan PSU kita menyesuaikan, jadwal sementara saat ini tanggal 9 Agustus 2017, untuk apakah ada kemungkinan pelaksanaanya mundur atau tidak, kita tetap menyesuaikan dari KPU Provinsi Papua, karena KPU harus mempersiapkan segala sesuatunya juga, demikian juga dengan Bawaslu Provinsi Papua dalam hal mempersiapkan perangkat dibawahnya masing-masing. Sebab didalam pleno itu harus ada PPD, sedangkan persoalan PPD yang lama sudah diberhentikan semua sesuai putusan DKPP yang lalu, namun kita dari pihak keamanan sudah siap dalam pelaksanaan pemungutan suara ulang sesuai jadwal atau keputusan KPU Provinsi Papua," ucapnya.

Kapolres menambahkan, arahan khusus dari pimpinan yaitu Kapolda Papua, untuk perlu dilakukan atensi pada pelaksanaan PSU di Kabupaten Jayapura itu ada beberapa hal, yaitu bahwa di titik beratkan pada netralitas.

“Tadi sudah mengikuti Bimtek jadi kita ada di ranah atau wilayah kewenangan tugas kita saja, artinya di belakang dari pengawas dalam hal ini Bawaslu Provinsi Papua selaku Panwas Kabupaten Jayapura sampai ketingkat Panwas Distrik dan PPL, mereka yang dikedepankan apabila ada temuan-temuan pelanggaran, jadi ranah kita itu diluar TPS untuk mengamankan situasi, dan pastikan bahwa pelaksanaan PSU itu aman di dalam TPS artinya tidak ada gangguan seperti pengrusakan, keributan dan lainnya, yang kedua untuk sikap prilaku dan tidak boleh arogan, tidak perlu berlebihan dalam bertingkahlaku seperti foto selfi, misal mengacungkan jari dan bahasa tubuh lainnya, karena itu akan muncul tafsiran yang berbeda, oleh orang lain dan akan jadi masalah walaupun tidak ada niat. Untuk itu, saya minta kepada rekan anggota yang melaksanakan pengamanan agar jaga sikap dan perilaku," tegasnya.

Sementaa itu, Wakapolres Jayapura, Kompol Iip Syarif Hidayat menyampaikan, bahwa masalah disiplin anggota ketika pengamanan dan pengawalan pergeseran logistik, terutama yang di distrik Sentani dan Waibu yang memiliki TPS cukup banyak dibanding yang lain, agar kedepan lebih baik dalam pelaksanaanya, dimana anggota harus bersama-sama dengan logistik.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar