Senin, 11 Desember 2017

Wang Yi Sikapi Resolusi Baru DK terkait Masalah Korut

Senin, 07 Agustus 2017 21:30

Ayo berbagi!

Dewan Keamanan PBB hari Minggu (6/8) kemarin meluluskan resolusi nomor 2371 yang menjatuhkan sanksi lebih lanjut terhadap Korea Utara atas peluncuran rudal balistik. Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di sela-sela Pertemuan Menlu ASEAN di Manila menyatakan, situasi Semenanjung Korea akan memasuki masa krusial setelah diluluskannya resolusi tersebut. Mencegah Korut mengembangkan peluru kendali yang mampu membawa hulu ledak nuklir maupun pemulihan perundingan damai adalah dua hal yang tidak boleh diabaikan. Wang Yi berharap berbagai pihak tetap menahan diri, memanfaatkan sinyal positif yang dikeluarkan pihak-pihak terkait dan membuat pilihan yang bertanggung jawab terhadap rakyatnya maupun perdamaian regional.

Sebagai negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Tiongkok selalu bersikap obyektif dan adil, dan telah memainkan peranan yang bertanggung jawab dan konstruktif dalam proses tersebut.

Wang Yi mengatakan, resolusi Dewan Keamanan tersebut mencakup dua aspek penting, yaitu pertama, memberikan tanggapan seperlunya atas peluncuran rudal balistik Korut tanpa mengindahkan resolusi Dewan Keamanan PBB; kedua, mengimbau pemulihan Pembicaraan Enam Pihak, yakni menekankan perlunya menyelesaikan masalah nuklir Semenanjung Korea secara damai melalui jalur diplomasi dan politik, agar situasi tidak semakin meruncing. Kedua aspek itu sama pentingnya dan tidak boleh berat sebelah.

Wang Yi menambahkan, tujuan akhir pengenaan sanksi adalah untuk membawa masalah nuklir Semenanjung Korea ke meja perundingan. Tiongkok berharap berbagai pihak dapat mempertimbangkan dan menerima usulan Tiongkok tentang penghentian percobaan senjata nuklir dan latihan militer bersama AS-Korea Selatan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar