Jumat, 20 Oktober 2017

Wang Yi Temui Rex Tillerson

Senin, 07 Agustus 2017 22:30

Ayo berbagi!

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kemarin (6/8) di Manila menemui Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson pada sela pertemuan menteri luar negeri kerja sama Asia Timur.

Wang Yi dalam pertemuan menyatakan penghargaan terhadap sikap Rex Tillerson yang realitas dan positif dalam pidatonya mengenai kebijakan terhadap Tiongkok serta pandangan strategisnya. Selama 40 tahun lebih yang silam, Tiongkok dan AS berhasil menghindari bentrokan dan memelihara perkembangan, penyebab yang paling penting ialah mempertahankan kebijakan satu Tiongkok dan tiga komunike bersama antara kedua negara. Kini, hubungan kedua negara memelihara momentum perkembangan yang stabil. Namun dalam hubungan kedua negara terdapat pula sejumlah masalah sensitif yang perlu ditangani secara layak. Selanjutnya yang penting ialah merancang dan mempersiapkan kunjungan Presiden Donald Trump ke Tiongkok, mengadakan dialog putaran pertama mengenai penegakan hukum serta keamanan internet serta dialog antara masyarakat, dalam rangka memperdalam hubungan bilateral dan merancang perkembangan hubungan kedua negara dalam 50 tahun mendatang.

Sementara itu, Rex Tillerson menyatakan, sebagai komunitas ekonomi yang paling besar dan kedua, hubungan antara AS dan Tiongkok yang tidak berkonflik tidak saja sesuai dengan kepentingan kedua negara, tetapi juga bermanfaat bagi perdamaian dan perkembangan dunia. Kedua pihak perlu dengan sungguh-sungguh mempertimbangkan definisi hubungan bilateral pada 50 tahun mendatang di atas dasar keberhasilan sejauh ini, memanfaatkan sepenuhnya pertemuan kepala kedua negara dan 4 mekanisme dialog, meningkatkan saling pengertian dan memperdalam kerja sama, mendorong kemajuan hubungan kedua negara, menyejahterakan rakyat kedua negara dan rakyat sedunia.

Kedua pihak bertukar pendapat mengenai masalah-masalah nuklir Semenanjung Korea dan Laut Tiongkok Selatan. Menteri Luar Negeri Wang Yi menyatakan, melalui upaya bersama Tiongkok dengan negara-negara ASEAN, situasi di Laut Tiongkok Selatan cenderung membaik, mencapai kemajuan positif yang penting. Pihak Tiongkok mengharapkan pihak AS untuk menghormati upaya Tiongkok dan negara-negara ASEAN untuk memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasannya, dan memainkan peranan konstruktif. Pihak Tiongkok telah menaruh upaya amat besar untuk menangani masalah nuklir semenanjung dengan bertolak dari sikap objektif, adil dan bertanggung jawab. Tekanan dan sanksi semata-mata bukan konsep penyelesaian. Pihak AS diharapkan mempertimbangkan usulan pihak Tiongkok tentang "ganda berhenti untuk sementara". Selain itu, Wang Yi menegaskan kembali pendirian prinsipiil pihak Tiongkok tentang AS yang secara unilateral mengenakan sanksi terhadap perusahaan pihak Tiongkok sesuai dengan undang-undang dalam negeri.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar