Jumat, 20 Oktober 2017

Menlu Tiongkok Memapar Pertemuan Menlu Kerja Sama Asia Timur

Selasa, 08 Agustus 2017 22:30

Ayo berbagi!

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi kemarin (7/8) di Manila, Filipina menghadiri rangkaian pertemuan menteri luar negeri kerja sama Asia Timur. Seusai pertemuan, Wang Yi dalam jumpa pers memaparkan keadaan terkait pertemuan dan pandangan pihak Tiongkok.

Wang Yi mengatakan, ditinjau dari sudut pihak Tiongkok, rangkaian pertemuan menteri luar negeri telah mencapai kemajuan nyata, di bawah upaya bersama Tiongkok dengan negara-negara ASEAN, situasi di Laut Tiongkok Selatan menjadi stabil, kedua pihak telah mengadakan kerja sama efektif, menarik kembali kontroversi ke rel penyelesaian persoalan melalui dialog dan konsultasi antara pihak-pihak terkait. Kedua pihak berhasil menyusun dan menerima kerangka "Kode Tingkah Laku Laut Tiongkok Selatan", sementara mengumumkan akan secara resmi menghidupkan konsultasi atas naskah konkret dalam tahun ini sesudah siap sepenuhnya.

Perbedaan yang paling jelas dalam rangkaian pertemuan menteri luar negeri ialah, negara-negara pantai Laut Tiongkok Selatan termasuk Tiongkok membenarkan sepenuhnya situasi positif di Laut Tiongkok Selatan, namun sejumlah negara di luar Laut Tiongkok Selatan tetap tinggal di masa silam tanpa menyaksikan terjadinya perubahan positif, tidak mengakui hasil berharga yang dicapai bersama oleh Tiongkok dan ASEAN, bahkan menyampaikan informasi negatif.

Topik yang paling mengundang perhatian dalam rangkaian pertemuan ialah masalah nuklir Semenanjung Korea. Masalah tersebut telah dibahas baik dalam pertemuan menteri luar negeri ASEAN dengan berbagai negara, pertemuan menteri luar negeri KTT Asia Timur, forum kawasan ASEAN atau pun berbagai pertemuan bilateral. Yang berbeda dengan pembicaraan di lapangan lainnya, Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) duduk bersama dengan para hadirin. Berbagai pihak memang ingin mengutarakan pandangannya masing-masing, sementara mendengar pandangan dari pihak Korut. Wang Yi berpendapat bahwa hal itu adalah adil dan juga bermanfaat.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar