Kamis, 24 Agustus 2017

RRT: Resolusi Terkait Korut Cerminkan Pendirian Anggota DK

Selasa, 08 Agustus 2017 23:00

Ayo berbagi!

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang dalam jumpa pers di Beijing kemarin (7/8) menyatakan, resolusi No. 2371 yang diterima oleh Dewan Keamanan PBB belakangan ini telah mencerminkan pendirian para anggota Dewan Keamanan, pihak Tiongkok selalu berpendirian bahwa masalah Semenanjung Korea perlu diselesaikan melalui dialog dan konsultasi. Tiongkok menghimbau masyarakat internasional untuk mendukung usulan "ganda berhenti untuk sementara" dan gagasan "ganda rel berjalan bersama".

Dewan Keamanan PBB hari Minggu secara bulat menerima resolusi No. 2371 mengenai masalah uji coba rudal balistik yang diadakan oleh Korea Utara (Korut) baru-baru ini.

Geng Shuang mengatakan, resolusi tersebut sesuai dengan target untuk memelihara perdamaian dan stabilitas semenanjung, mendorong proses denuklirisasi semenanjung dan memelihara sistem non proliferasi nuklir internasional, sementara sesuai dengan semangat resolusi Dewan Keamanan sebelumnya, mencerminkan pendirian para anggota Dewan Keamanan.

Juru bicara tersebut menyatakan pula, di samping mengambil langkah baru terhadap Korut, resolusi menegaskan, langkah sanksi seharusnya menghindari dampak negatif yang diakibatkan oleh aktivitas yang tidak dilarang oleh Dewan Keamanan, sepeti aktivitas ekonomi dan kerja sama, bantuan bahan pangan dan batuan kemanusiaan. Resolusi menegaskan kembali untuk memelihara perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan di Asia Timur Laut, menghimbau penyelesaian masalah dengan cara damai, diplomasi dan politik, mendukung pemulihan pertemuan enam pihak. Resolusi juga menegaskan bahwa berbagai pihak terkait perlu mengambil langkah untuk meredakan ketegangan situasi di semenanjung.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar