Sabtu, 19 Agustus 2017

Asuransi Unit Link Adalah Pilihan Tepat? Cek Dulu di Sini

Rabu, 09 Agustus 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/asuransi-unit-link-adalah-pilihan-tepat-cek-dulu-di-sini courtesy https://www.cermati.com/artikel/asuransi-unit-link-adalah-pilihan-tepat-cek-dulu-di-sini
Ayo berbagi!

Asuransi unit link, bisa dikatakan kategori tipe asuransi yang sifatnya hybrid, karena di satu produk asuransi unit link, isinya terkandung dua produk keuangan. Pertama adalah asuransi, dan kedua adalah investasi. Layaknya sebuah produk kawin silang antara asuransi dengan investasi, hal inilah yang membuat unit link unik, marketable, dan makin banyak peminatnya.

Namun di sisi lain, karena sifatnya yang demikian, orang sering terkecoh untuk fokus ke imbal balik investasi daripada asuransi saat ditawari oleh seorang agen asuransi. Lagi pula untuk menambah daya tarik produk ini, seringkali produk proteksinya tidak banyak diulas, sedang imbal balik investasi yang lebih banyak ditonjolkan.

Untuk menghindari salah paham atau merasa terkecoh dengan produk ini, kenapa tidak berkenalan terlebih dahulu dengan tipe asuransi unit link ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Berdasarkan Aspek Dasarnya

Keuntungan dan Kerugian Unit Link

Asuransi Jiwa
Tiap Asuransi Punya Keunggulan dan Kerugian Masing-Masing

Pertanyaan yang paling sering muncul bila seseorang akan membeli sebuah produk asuransi adalah, akankan manfaat dari produk asuransi ini bisa dirasakan secara utuh? Pertanyaan ini memang terkesan klise, namun sejatinya masih relevan sampai saat ini. Banyak orang berpikir untuk membeli asuransi lalu tidak pernah mengajukan klaim, kemudian mereka merasa uangnya seolah hilang. Apalagi untuk jenis asuransi jiwa, di mana biasanya sangat jarang ada klaim dari pemegang polisnya.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan sebuah produk asuransi yang memberikan keuntungan ganda dan bukan sekadar proteksi semata inilah, maka muncullah produk asuransi unit link. Secara umum, berikut ini garis besar keuntungan asuransi unit link.

  • Ketimbang asuransi jiwa murni, unit link memberikan waktu proteksi yang lebih lama, bisa 75, 80, bahkan 100 tahun, ketentuan ini bergantung dari perusahaan penyedianya.
  • Manfaat investasi bisa didapatkan dengan hanya membayar premi asuransi.
  • Berbeda dengan asuransi jiwa biasa yang uangnya hilang atau hangus kalau tidak mengajukan klaim, tipe unit link masih bisa diambil uangnya dalam waktu tertentu. Bisa dimanfaatkan untuk biaya pendidikan atau jaminan hari tua.
  • Dalam produk unit link juga tersedia rider atau asuransi tambahan, maksudnya layanan yang ditawarkan sudah komplet, meliputi kejadian kecelakaan, kritis, cacat total, serta biaya rawat inap rumah sakit. Dengan ini, pemegang polis tak perlu lagi mencari asuransi tambahan.
  • Perusahaan asuransi adalah juga bertindak sebagai manajer investasi. Jadi tidak perlu bingung dalam mengurusi investasi kita. Tugas klien atau pemegang polis adalah memilih instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan rencana keuangannya saja.

Tentu tak cukup untuk memahami keuntungannya saja. Sebab bisa jadi Anda terjebak dengan ekspektasi tentang investasi yang terlalu besar dan malahan menjadikan kita lupa akan manfaat asuransi jiwa yang seharusnya didapatkan. Karena itu, ketahui juga kerugian asuransi unit link berikut ini.

  • Biaya premi yang harus dibayarkan lebih mahal ketimbang asuransi jiwa murni.
  • Fokus utama unit link adalah proteksi (sebagai sebuah asuransi jiwa), sehingga jangan berharap keuntungan melimpah seperti layaknya sebuah investasi murni.
  • Besaran nilai proteksi biasanya lebih kecil ketimbang asuransi jiwa murni.
  • Bisa saja tidak ada keuntungan yang didapatkan. Ini karena hasil dari investasi diarahkan untuk membayar premi nasabah.

Memahami tentang keuntungan dan kerugian dari asuransi tipe unit link menjadi sesuatu yang tepat. Mengingat saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan tipe unit link dan bisa jadi calon nasabah tergiur dan salah langkah akibat pemahaman produk yang kurang.

Baca Juga: Agar Tidak Gagal Paham, Ini Istilah-Istilah Asuransi yang Perlu Diketahui

Apakah Asuransi Unit Link Solusi Tepat Untuk Anda?

Benar Salah
Apakah Asuransi Unit Link Merupakan Pilihan Tepat?

Jangan mudah tergesa-gesa dalam mengambil segala bentuk keputusan apalagi yang menyangkut masalah finansial untuk rencana keuangan jangka panjang. Bisa jadi kita kecewa di waktu yang akan datang. Hal yang sama juga berlaku saat orang akan mengambil asuransi unit link.

Jadi bagaimana sebaiknya kita memandang asuransi unit link ini? Bagaimana untuk mengetahui apakah kita perlu atau tidak mengambil produk asuransi tipe unit link? Apakah asuransi unit link ini bisa jadi solusi bagi masalah proteksi serta investasi? Mari ulas satu persatu pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1. Ada Manfaat Investasi dan Proteksi, Mana yang Harus Dipilih?

Kenali dulu kebutuhan diri sendiri. Dengan tahu secara pasti kebutuhan diri sendiri, maka kita tidak akan mudah tergiur dalam pemikiran investasi sehingga melupakan sisi proteksi. Premi yang harus dibayarkan untuk sebuah asuransi tipe unit link cukup tinggi. Karenanya pastikan bahwa kita memilih yang memang dibutuhkan saja.

2. Sudah Punya Asuransi Jiwa Tapi Ingin Punya Asuransi Unit Link, Apa Langkah yang Harus Diambil?

Karena didalamnya ada manfaat investasi yaitu keuntungan, bisa jadi orang lalu tergiur dan mengambil asuransi unit link, padahal Anda sudah punya polis asuransi jiwa murni. Sebenarnya itu sah-sah saja, asal dari segi pembayaran premi dirasa mampu. Bila belum, ada baiknya untuk tetap bijak dalam bertindak, apakah anda lebih dominan butuh proteksi atau investasi.

3. Apakah Asuransi Unit Link Adalah Solusi Keuangan?

Di dalam asuransi unit link memang ada kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil investasi. Tetapi yang harus dicatat adalah bahwa tujuan utama dari sebuah asuransi unit link adalah memberi manfaat proteksi layaknya sebuah asuransi jiwa. Sementara sisi investasinya memang ada, tapi lebih bertujuan sebagai satu cara agar nasabah terbebas dari kewajiban membayar premi asuransi jiwa secara terus menerus. Jadi jangan sampai berharap keuntungan imbal balik investasi yang berlebihan.

4. Mengapa Perlu Asuransi Unit Link?

Seperti yang dikemukakan di awal, asuransi unit link ditujukan sebagai sebuah bentuk investasi yang menjadi bagian dari proteksi jiwa seseorang. Karenanya untuk orang yang memang ingin memiliki dan belum punya asuransi jiwa murni, mengambil asuransi tipe unit link bisa jadi adalah hal yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari keribetan untuk mengelola investasi dengan maksud membayar asuransi jiwa. Cukup lakukan satu tindakan untuk dua mencapai tujuan.

 

Jangan Salah Pilih, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memilih jenis investasi atau asuransi apa saja adalah hak seseorang, termasuk memilih apakah akan memiliki tipe asuransi unit link atau tidak. Tetapi yang harus dicatat adalah, bahwa asuransi unit link bertujuan memberikan proteksi asuransi dan bukan menjadi sebuah skema mencari keuntungan maksimal seperti layaknya investasi murni. Sesuaikan pemilihan asuransi dengan kebutuhan agar manfaat yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Baca Juga: 10 Prinsip Asuransi Syariah yang Mencerminkan Nilai Keagamaan

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar