Selasa, 12 Desember 2017

KAI tambah 5 perjalanan kereta Jakarta-Bandung

Rabu, 09 Agustus 2017 19:26

Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi
Ayo berbagi!

Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I menambah lima perjalanan kereta api menuju Bandung karena menjadi salah satu destinasi kota paling sering dikunjungi warga Jakarta untuk liburan, pendidikan, dan sarana bisnis warga Jakarta.

Senior Manajer Humas KAI Daop I Suprapto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (9/8), mengatakan meningkatnya animo masyarakat ke Bandung tidak diimbangi dengan infrastruktur jalan yang kurang memadai.

"Melihat kondisi jalan raya/Tol Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Bandung yang selalu dibayangi oleh kemacetan karena adanya berbagai proyek pembangunan dan semakin padat dilalui kendaraan setiap harinya, membuat jarak tempuh tersebut memakan banyak waktu. Hal inilah akhirnya yang menyebabkan warga yang berdomisili di Jakarta maupun Bandung memilih transportasi KA sebagai moda tranportasi andalan sebagai penghubung antara Kota Bandung dan Jakarta tersebut," katanya.

Menjadi transportasi andalan dan favorit menuju kota Bandung di akhir pekan dan musim liburan, lanjut dia, dapat dipastikan melalui penjualan tiket KA dari Jakarta tujuan Bandung yang selalu habis terjual.

"Animo masyarakat yang terus meningkat tersebut, membuat PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan antisipasi terhadap lonjakan penumpang KA, yaitu menambah perjalanan KA relasi Jakarta-Bandung dengan mengoptimalkan rangkaian KA yang tersedia," katanya.

Suprapto mengatakan dengan penambahan lima perjalanan KA dari Jakarta menuju Bandung, kapasitas daya angkut yang sebelumnya hanya 3.868 penumpang per harinya, sekarang kapasitasnya meningkat bisa mencapai maksimal di angka 5.836 penumpang per harinya "Ini bisa terlihat dari trend okupansi penumpang KA tujuan Bandung selama dua bulan terakhir, selalu mengalami peningkatan dari 96.453 penumpang selama bulan Juni menjadi 109.158 penumpang pada bulan Juli (meningkat 13 persen)," katanya.

Dia menyebutkan terdapat lima KA Tambahan yang akan dijalankan untuk melengkapi delapan KA yang sudah berjalan reguler, sehingga total ada 13 KA jurusan Bandung yang akan dijalankan.

Adapun jadwal perjalanan KA Tambahan tujuan sebagai berikut, KA Argo Parahyangan Fakultatif (KA 38 F) yang akan dijalankan mulai tanggal 8-31 Agustus 2017, setiap Selasa-Minggu dengan kapasitas 768 kursi KLB KP/10424 yang akan dijalankan mulai tanggal 7-31 Agustus 2017, dengan kapasitas 768 kursi.

KLB KP/10122 yang akan dijalankan setiap hari Sabtu Minggu selama bulan Agustus, dengan kapasitas 400 kursi.

KLB KP/10052 yang akan dijalankan setiap hari Jumat dan Minggu selama bulan Agustus dengan kapasitas 520 kursi.

KLB KP 10386 yang dijalankan setiap hari Minggu dengan kapasitas 512 kursi. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar