Senin, 23 Oktober 2017

Tepatkah Pilih KTA untuk Dapatkan Pinjaman Uang? Inilah Jawabannya

Kamis, 10 Agustus 2017 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/tepatkah-pilih-kta-untuk-dapatkan-pinjaman-uang-inilah-jawabannya courtesy https://www.cermati.com/artikel/tepatkah-pilih-kta-untuk-dapatkan-pinjaman-uang-inilah-jawabannya
Ayo berbagi!

Makin bertambahnya kebutuhan, makin banyak uang yang dikeluarkan. Bersandar pada gaji bulanan yang naiknya cuma secuil masih saja kurang untuk memenuhi semua kebutuhan. Apalagi sampai ada niatan mau berbisnis, sudah pasti membutuhkan modal usaha yang jumlahnya tidaklah sedikit.

Terus, kalau dengan gaji bulanan saja masih empot-empotan memenuhi kebutuhan, bagaimana bisa menabung buat modal usaha? Ujung-ujungnya, mengambil pinjaman uang jadi jawaban dari permasalahan kurang modal tersebut. Begitu dapat pinjaman uang yang diminta, sudah pasti langsung dipakai untuk membeli ini, membayar itu, pokoknya kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi.

Berharap pinjaman uang yang diajukan langsung cair, ternyata pengajuannya masih dalam proses. Menunggu 1 minggu, masih belum ada kabar disetujui. Tunggu sampai 1 bulan, ternyata belum juga ada tanda-tanda disetujui. Begitu dekat 2 bulan baru terima kabar. Bukannya positif dapat pinjaman, melainkan pengajuan pinjaman yang ditunggu sampai 2 bulan ditolak.

Kecewa, sudah pasti kecewa. Tapi, jangan sampai kekecewaan yang dirasakan, jadi alasan ogah cari pinjaman uang lagi. Mau cepat prosesnya dan pasti kabarnya, KTA bisa jadi solusi bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman uang. Berikut ini adalah alasan kenapa KTA merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan pinjaman.

Baca Juga: Pilih Mana, KTA Konvensional atau KTA Online?

KTA Memberikan Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman Uang Cepat KTA
Cari Pinjaman? Coba Ajukan KTA

Selama ini yang ada dalam pikiran banyak orang kalau ingin mendapatkan pinjaman uang mesti menjaminkan aset ke bank atau kreditur. Mungkin itu dulu. Tapi, sekarang ada pinjaman uang yang bisa diambil tanpa syarat agunan atau jaminan. Di bank produk pinjaman ini dinamai Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau Unsecured Loan.

Sebagai salah satu jenis pinjaman uang yang disediakan bank, Kredit Tanpa Agunan (KTA) dikenal sebagai pinjaman uang yang bisa diperoleh tanpa perlu menjaminkan aset. Cukup dengan mengikuti syarat dan melengkapi dokumen yang diminta, pengajuan pinjaman KTA akan diproses.

Semudah itu? Ya, memang semudah itu. Asal memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman KTA mulai dari pendapatan bulanan, usia pemohon, hingga mengisi formulir pengajuan. Kemudian melengkapi dokumen pengajuan mulai dari fotokopi KTP/SIM/Paspor, slip gaji, fotokopi kartu kredit, fotokopi NPWP, dan fotokopi rekening 3 bulan terakhir. Pengajuan pinjaman KTA Anda segera diproses.

Lalu, bagaimana cara bank menentukan pengajuan pinjaman KTA Anda layak disetujui atau harus ditolak? Sebagai nasabah bank, riwayat kredit Anda tercatat seluruhnya dalam BI Checking. Bank akan mencari tahu sejauh mana kolektibilitas atau kelancaran pembayaran cicilan pinjaman uang Anda.

Status kredit Anda dalam BI Checking akan diberikan skor dari 1-5. Status kredit BI Checking dinyatakan bagus apabila diberikan Skor 1 dan sudah pasti pengajuan pinjaman KTA Anda akan disetujui. Sebaliknya, bila diberikan Skor 5, itu berarti status kredit BI Checking Anda buruk dan jangan harap pengajuan pinjaman KTA disetujui.

Satu lagi yang perlu diingat, jangan sampai usaha Anda untuk mendapatkan pinjaman KTA sia-sia karena faktor debt ratio. Dalam dunia perbankan, debt ratio merupakan perbandingan antara gaji bulanan dan cicilan kredit. Debt ratio yang baik ialah tidak lebih dari 30% gaji Anda per bulan. Bank menggunakan debt ratio untuk mengantisipasi risiko terjadinya kredit macet.

Ambil Pinjaman KTA Memberikan Banyak Keuntungan

Pinjaman Dana Tunai KTA
Ilustrasi Dana Pinjaman

Mengambil pinjaman uang lewat KTA memberikan sejumlah keuntungan. Di samping pinjaman uang dapat cair tanpa agunan, ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati dengan mengajukan pinjaman KTA. Apa saja keuntungan tersebut?

1. Syarat yang Diminta Mudah alias Tidak Ribet

Hampir semua bank rata-rata meminta syarat yang rata-rata sama, antara lain:

  • Pendapatan bulanan (banyak bank yang memberi syarat minimal pendapatan Rp3 juta per bulan).
  • Usia pemohon (minimal 21 dan maksimal 55 tahun)
  • Siapa pun bisa mendaftar.
  • Ada yang mengharuskan kepemilikan kartu kredit, ada yang tak mengharuskan.
  • Dokumen resmi, seperti KTP, NPWP, SPT, catatan kredit.

2. Proses Pengajuannya Cepat

Lamanya proses pengajuan pinjaman KTA sampai dananya cair paling cepat 3-5 hari kerja dan paling lambat 14-21 hari kerja, tergantung dari persyaratan dan dokumen yang Anda penuhi. Bagi pemilik kartu kredit, pengajuan pinjaman KTA yang Anda lakukan bisa cepat diproses. Sebab data-data pada kartu kredit Anda nantiya digunakan untuk menelusuri BI Checking.

3. Bisa Dapat Pinjaman Lebih dari Rp100 Juta

Sekalipun tanpa agunan, Anda boleh mengajukan pinjaman KTA hingga lebih dari Rp100 juta. Apalagi bagi pengguna kartu kredit, limit pinjamannya lebih tinggi dari limit pinjaman KTA tanpa kartu kredit.

4. Suku Bunga yang Rendah Kurang dari 1%

Dibandingkan jenis pinjaman uang lainnya, suku bunga pinjaman KTA lebih kecil daripada pinjaman Kredit Multiguna (KMG). Bahkan, suku bunga kartu kredit masih kalah kecil dibandingkan suku bunga pinjaman KTA.

5. Metode Pembayarannya Mudah Dijangkau

Membayar cicilan pinjaman KTA dapat dilakukan di mana saja. Selain melalui teller di bank, pembayarannya bisa dilakukan lewat ATM, mobile banking, internet banking, ataupun autodebet dari rekening.

Baca Juga: Mengenal KTA, Apa Keunggulan dan Kekurangannya?

Ada KTA Online bagi yang Ingin Mengajukan Pinjaman Online

Pinjaman KTA Online
Ajukan KTA secara Online

Sekarang ini berbagai kepraktisan dan kemudahan bisa didapatkan. Mulai dari belanja, transaksi, transfer, ataupun registasi cukup dilakukan secara online. Termasuk juga dalam mengajukan pinjaman seperti KTA. Ya, tak perlu lagi repot-repot datang ke bank untuk mengantre dan mendaftarkan pengajuan, kini pengajuan pinjaman KTA bisa dilakukan secara online.

Bagaimana caranya? Kini beragam produk finansial dihadirkan dalam sebuah website di mana semua orang dapat mencari dan menemukan produk finansial pilihan mereka. Melalui website tersebut, mereka bisa melakukan perbandingan, menemukan pilihan produk finansial yang cocok, sekaligus melakukan pengajuan.

Begitu juga dengan pinjaman KTA, Anda akan ditawarkan berbagai pilihan pinjaman KTA yang ditawarkan sejumlah bank. Dari pinjaman KTA berbunga rendah, pinjaman KTA dengan tenor yang lama, hingga pinjaman KTA dengan penawaran limit pinjaman yang tinggi. Setelah dapat pinjaman KTA yang diinginkan, langsung saja ajukan. Prosesnya dijamin cepat ketimbang Anda harus mengajukan ke bank. Bagaimana? Praktis, mudah, dan efisien, bukan?

Jadi, Tepatkah Pilih KTA?

Ingin cepat diproses setelah mengajukan pinjaman uang? Pinjaman KTA menawarkan proses pengajuan 3-5 hari kerja. Mau pinjaman uang yang bunganya kecil? Pinjaman KTA memberikan tawaran bunga kecil kurang dari 1%. Atau cari pinjaman uang yang tenor pembayaran cicilannya lama? Tenor pinjaman KTA hingga 60 bulan lamanya.

Dan semua keuntungan-keuntungan tersebut makin lengkap dengan kemudahan mengajukan pinjaman KTA yang bisa dilakukan secara online. Jadi, kalau ada pertanyaan tepatkan pilih KTA? Ya, mengambil pinjaman KTA adalah pilihan yang tepat untuk memperoleh dana dengan mudah, jelas, dan pasti.

Baca Juga: Takut KTA Konvensional Haram? Pakai KTA Syariah Saja!

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar