Jumat, 20 Oktober 2017

Menteri PPN/Bappenas katakan dana haji cocok untuk pembiayaan infrastruktur

Kamis, 10 Agustus 2017 14:17

Foto: Dody Handoko. Foto: Dody Handoko.
Ayo berbagi!

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, dana haji cocok untuk pembiayaan infrastruktur karena memiliki jangka waktu panjang, sesuai dengan proyek infrastruktur yang juga merupakan proyek jangka panjang.

"Jadi itu investasi, bukan belanja. Masyarakat harus pahami. Jadi dana haji itu bisa diinvestasikan untuk membangun infrastruktur, termasuk jalan tol. Jadi bukan belanja," ujarnya di acara Indonesia Development Forum (IDF) di Gamma Tower, Jakarta Selatan, Kamis (10/8).

Dana haji yang digunakan nantinya akan diinvestasikan terlebih dahulu menjadi surat berharga syariah negara (SBSN) berbasis proyek dengan underlying asset. 

"Jadi saya sudah sarankan kepada Badan pengelola keuangan Haji, kalau ingin masuk infrastruktur, jangan langsung dulu. Tapi melalui instrumen sukuk untuk proyeknya. Bisa. Sukuknya dikeluarkan oleh proyeknya, itu namanya project financing," jelasnya.

Ditambahkannya, "Yang penting instrumen sukuk itu strukturnya sudah sesuai dengan syariah. Itu yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional (DSN). Nanti di OJK akan menyatakan, bahwa surat berharga yang namanya sukuk ini sudah sesuai dengan kriteria sektor keuangan," ucapnya. (Dody/SiK)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar