Sabtu, 19 Agustus 2017

Menteri PPN katakan empat faktor utama ketimpangan di masyarakat

Kamis, 10 Agustus 2017 14:54

Foto: Dody Handoko. Foto: Dody Handoko.
Ayo berbagi!

Menteri PPN/Kepala Bappenas  Bambang Brodjonegoro  mengatakan, terdapat empat faktor utama yang mendorong terjadinya ketimpangan pada masyarakat.

 

”Pertama, ketimpangan peluang sejak awal kehidupan yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia dan kedua pekerjaan yang tidak merata. Ketiga, kekayaan yang terkonsentrasi pada sekelompok orang, lalu keempat, ketahanan ekonomi yang rendah," jelasnya di gedung Gama Tower, Jakarta Selatan, Kamis (10/8).

 

Kepemilikan aset dapat menjadi salah satu faktor penentu dalam mengurangi ketimpangan karena tanpa aset produktif yang memadai, masyarakat ekonomi terbawah tidak dapat keluar dari kemiskinan  dan tidak dapat meningkatkan pendapatannya.

 

"Tanpa aset yang memadai, keluarga rentan tidak dapat berinvestasi yang cukup untuk masa depan anak-anak mereka. Hal demikian akan berulang terus menerus dalam suatu siklus dan menjadi lingkaran setan atau vicious circle," katanya.

 

Dalam menangani persoalan ketimpangan yang kian kompleks, pendekatan one size fits all tidak lagi relevan untuk diterapkan, sehingga ‎penyesuaian pendekatan dan program harus dilakukan.

 

"Pengembangan kebijakan dan pemanfataan program-program pembangunan berbasis bukti pengetahuan dan riset yang berkualitas akan mendorong tercapainya dampak maksimal usaha penurunan ketimpangan," ungkapnya. (Dody/SiK)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar