Kamis, 17 Agustus 2017

Musim kekeringan, BPBD siapkan air bersih

Kamis, 10 Agustus 2017 18:36

Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang, Paryono, Foto Kontributor Elshinta Efendi Murdiono. Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang, Paryono, Foto Kontributor Elshinta Efendi Murdiono.
Ayo berbagi!

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur melakukan droping air bersih di 86 titik setelah ditetapkan darurat kekeringan sejak tanggal 1 Agustus kemarin.

Demikian disampaikan Sekretaris BPBD Kabupaten Lumajang, Paryono kepada Kontributor Elshinta, Efendi Mudiono, Kamis (10/8).

Dikatakan Paryono, pengiriman air bersih tahun ini di ada 6 kecamatan yang masyarakat perlu dicukupi yaitu Kecamatan Ranoyoso, Klakah, Gucialit, Padang, Kedungjajang, Randuagung. Dari 6 kecamatan itu tersebar di 17 desa dengan jumlah kepala keluarga 4.975 dan jumlah jiwa 16.282.

Pengadaan air bersih setiap hari yang dilakukan petugas logistik BPBD 15 rit dengan kapasitas tangki 5.000 liter per rit sehingga setiap hari air bersih yang suplai 75.000 liter di droping, maka selama satu bulan pengiriman air sebanyak 232.500 liter.

Ditegaskan Paryono, pada September akan dilakukan kajian droping air bersih ada penungan atau sebaliknya, setiap bulan dalam masa darurat kekeringan dilakukan evaluasi.

BPBD dalam langkah penangan peanen pengadaan air bersih di lakukan ke Bapeda, PU, PDAM dan PMI, contoh program PMI perluasan jaringan pipa air bersih yang sudah dikerjakan di salah satu desa di kecamatan Gucialit.

Paryono mengatakan dalam menjaga sumber mata air dan menumbuhkan sumber baru belum melakukan langkah koordinasi dengan dinas lingkungan hidup dan dinas kehutanan untuk menggalakkan penghijauan, menurutnya itu akan dirapatkan dulu sehingga program penghijauan berjalan sesuai harapan bersama.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar