Senin, 23 Oktober 2017

Anggota TNI gagalkan aksi perampokan di Jayapura

Kamis, 10 Agustus 2017 21:03

Foto: Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan. Foto: Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.
Ayo berbagi!

Anggota TNI Korem 172/PWY Serda Suparlan bersama enam rekannya berhasil menggagalkan perampokan bersenjata api di Kantor Pengadaian Waena, Jayapura, Papua, dengan menangkap tiga pelakunya, Kamis (10/8).

Komandan Korem (Dandrem) 172/PWY kepada wartawan mengatakan, saat itu Serda Suparlan diperintahkan oleh atasannya untuk membeli cat di toko bangunan yang berada di samping pegadaian. Lalu Serda Suparlan menggunakan kesempatan untuk membeli pulsa. Saat membeli pulsa, tiba-tiba Serda Suparlan didatangi oleh Satpam Pegadaian yang melaporkan bahwa di tempatnya sedang ada perampokan yang dilakukan oleh empat orang.

"Suparlan langsung menuju kesana dan melihat empat perampok keluar dari pegadaian. Kemudian perampok ini menodongkan senjata apinya kepada anggota kami tersebut," ujar Dandrem, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.

Sementara itu, Serda Suparlan menceritakan, saat tiba di depan pegadaian tampak perampok keluar dan menodongkan senjata kepadanya. "Jangan menembak, jangan menembak," ujar Suparlan mengulang ucapannya saat itu.

"Saya melihat pelaku memegang senjata gampang untuk dilumpuhkan. Lalu saya berkelahi dan berteriak minta tolong. Saat saya lihat abang abang saya, saya semakin bersemangat berkelahi," ujar Suparlan.

Suparlan dibantu dengan enam orang anggota Dankesyah lalu berupaya melumpuhkan ke tiga perampok. Masyarakat yang melihat hal ini lalu melakukan pengroyokan dan memukuli ketiga pelaku sementara satu orang pelaku melarikan diri.

Pardede menjelaskan, ketiga pelaku saat ini telah diserahkan ke Mapolresta Jayapura untuk selanjutnya dilakukan proses hukum lebih lanjut, sementara barang bukti berupa senjata api, hand phone, BPKB dan STNK Motor yang berhasil di sita masih di tahan di korem 172 praja Wira Yakti

Ditempat terpisah Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, dari laporan yang diterima sekitar pukul 11.15 Wit telah terjadi aksi perampokan di Kantor Pegadaian yang diduga di lakukan oleh loma orang pelaku.

“Aksi perampokan yang diduga dilakukan oleh lima orang, tiga orang berhasil ditangkap dan dua orang pelaku lainnya melarikan diri. Pada saat melakukan perampokan para pelaku diduga menggunkan senjata api jenis Pistol Genggam. Para pelaku berhasil di amankan oleh masyarakat yang berada di sekitar tempat kejadian dan sempat di keroyok oleh masyarakat yang mengakibatkan wajah para pelaku bengkak dan mengeluarkan darah,” kata Kamal.

Ia mengatakan, bahwa pihak Kepolisian telah mendatangani tempat kejadian mengamankan para pelaku dan barang bukti ke Mapolsekta Abepura, membuat Laporan Polisi, meminta keterangan saksi. Sementara kasus ini ditangani oleh Unit Reskrim Polsekta Abepura.

“Ketiga perampok yang berhasil ditangkap adalah Hariyanto, Martinus dan Dayat Hidayullah, sedangkan yang melarikan diri adalah Wijaya alias Boy, kata Kombes Ahmad Kamal.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar