Selasa, 22 Agustus 2017

72 km pantai Lumajang flat tsunami

Jumat, 11 Agustus 2017 15:18

Foto: Efendi Murdiono. Foto: Efendi Murdiono.
Ayo berbagi!

Ancaman tsunami di waspadai BPBD kabupaten Lumajang Jawa Timur Karana pantai sepanjang 72 Km dari daerah Yosowilangun sampai Tempursari pantai flat jika terjadi tsunami.

Kesiapan masyarakat menghadapi bencana tsunami di bentuk desa tangguh bencana (Destana) untuk meminimalisir resiko yang terjadi hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik (PKL) BPBD kabupaten Lumajang Wawan Hadi.

Dikatakan Wawan Hadi desa yang flat bila ada stunami terjadi kecamatan Yosowilangun desa Wotgalih, Kunir desa Jatirejo, Pasirian desa Dampar dan Tempursari desa Tegal Rejo dan Bulu Rejo.

Disampaikan Wawan Hadi, desa-desa terdekat dengan pesisir tersebut tinggal penduduk desa Dampar belum dibentuk (Destana), BPBD mengalokasikan anggaran tahun 2018 untuk menyiapkan desa Dampar dibentuk relawan Destana dengan harapan desa-desa yang rawan terancam tsunami masyarakat sudah punya kesadaran yang tinggi menghadapi resikonya.

 

Masih dijelaskan kepala bidang PKL BPBD Lumajang Wawan Hadi memastikan masyarakat yang berada di zona ancaman tsunami siap dan tangguh menghadapi bahaya bencana alam stunami, BPBD telah mengikutkan Desa Wotgalih dalam lomba ke tingkat Jawa Timur dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat terhadap bencana yang dihadapi.

Kegiatan lomba Destana sebagai tim penilai kepala bidang PKL BPBD provensi Agus Legowo didampingi Misdano, Dadang, Lukman dan Anfal, dari hasil evaluasi di lokasi langsung dijelaskan Wawan dari sisi masyarakat sudah layak secara administrasi karna secara kajian resiko bencana sudah lengkap.

Dilaporkan Kontributor elshinta, Efendi Murdiono, tujuan penilaian yang jadi harapan bukan soal menang atau kalah akan tetapi memupuk kesadaran relawan dan masyarakat akan datangnya bahaya mengancam setiap saat.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar